PROFIL

Fase keluarga muda

Fase keluarga muda adalah fase dimana masa depan kita mulai dibangun. Fase ini juga ditandai dengan berbagai pergumulan tentang berbagai hal, kususnya dalam hal keuangan. Hidup bersama sebagai pasangan muda membutuhkan berbagai penyesuaian dalam hal kebiasaan dan gaya menabung, prioritas finansial dan gaya hidup.

Sayangnya banyak pasangan yang masih belum menyadari pentingnya pengelolaan keuangan keluarga dalam mencapai kebahagian di masa depan. Lebih jauh lagi, banyak pasangan yang baru menikah tidak dibekali dengan pengetahuan mengenai keuangan dengan baik. Padahal masalah keuangan adalah masalah krusial yang potensial memicu masalah dalam rumah tangga nanti.

Kebanyakan dari kita dibesarkan di lingkungan yang sangat konsumtif, dimana gaya dan gengsi menjadi tujuan utama. Investasi dan tabungan, apalagi proteksi, belum menjadi pilihan penting dalam kehidupan.

Oleh karena itu, blog ini hadir sebagai teman dan partner bagi para keluarga muda maupun calon keluarga muda, yang tentunya sangat berkeinginan mencapai tujuan-tujuan finansial melalui berbagai tips tentang anggaran, investasi, proteksi/asuransi, smart living dan juga tentang kewirausahaan.

Pengalaman adalah yang utama

Semua yang disajikan disini sedapat mungkin didasarkan dari pengalaman aktual, dan bukan sekedar teori ataupun opini belaka. Kami bukanlah ahli dari semua bidang perencanaan keuangan, namun kami telah memiliki pengalaman langsung dari semua topik yang kami bahas.

Topik yang disajikan disini tidak hanya berupa hal-hal yang umum saja, namun kami juga berusaha membahas hal-hal lain seperti investasi alternatif yang mungkin tidak didiskusikan di website dan blog keuangan lainnya.

Semoga blog ini bisa menjadi tempat untuk saling sharing dan berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keluarga muda.

 

FOUNDER

Tofan Saban (Jr Planner) – Pemerhati personal finance

  • Berlatar belakang manajemen keuangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
  • Saat ini berkecimpung di dunia usaha bersama beberapa rekannya, bergerak di beberapa bidang seperti telekomunikasi, konstruksi, trading, event organizer dan kuliner.
  • Ex-banker dengan pengalaman kerja di beberapa bank di Indonesia, spesialisasi di bidang credit risk untuk corporate banking. Terakhir bekerja sebagai credit risk analyst di salah satu bank asing di Jakarta.
  • Telah menempuh pendidikan sertifikasi dalam bidang financial planning, antara lain Certified Financial Planning (CFP) dan Registered Financial Associate (RFA).