Kultwit: Langkah Awal Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi

Berikut saya kumpulkan hasil kicauan saya siang tadi (25 Sep 2011) mengenai langkah awal untuk memulai perencanaan keuangan pribadi, baik untuk individu maupun untuk keluarga. Latar belakangnya adalah karena banyak sekali keluarga muda yang berusaha untuk memulai berinvestasi dan mencari informasi kemana pun tentang jenis investasi yang tepat namun tidak mengetahui kondisi keuangan internal mereka sendiri, terutama mengenai masalah cashflow keluarga setiap bulannya.

  • Saya akan coba sharing ttg langkah paling awal dalam memulai perencanaan keuangan pribadi #CF
  • Umumnya org langsung nanya: Enaknya pake RD jenis apa yah? RDS skrg lagi rendah, saatnya masuk ngga yah? Apa emas aja? #CF
  • Saran saya, kalo ingin memulai finplan keluarga, ngga usah pusing2 mikirin mo invest dimana dulu #CF
  • Ngga usah dulu mikirin tujuan keuangan jauh2. Penting sih ini, tp identifikasi dulu kondisi keuangan anda saat ini #CF
  • Tahap awal dari finplan simple kok: susun dan identifikasi cashflow (#CF) keluarga (or personal) anda masing2 #CF
  • Mumpung baru gajian or mau gajian minggu depan, mulai coba lakukan pencatatan cashflow utk 1 bulan ke depan #CF
  • Dari situ anda akan tahu dgn persis kesehatan keuangan keluarga dan berapa porsi investasi yg bisa dilakukan #CF
  • Gimana cara bikin #CF? Simple, bandingkan pendapatan dan pengeluaran bulanan secara detail. Positif or negatif?
  • Jika terjadi selisih negatif, cari solusi utk diubah jd positif. Salah 1 cara, dan yg juga terpenting, buang expense ngga penting #CF
  • Contoh cara lain: lakukan penghematan. Mungkin ada expense yg tergolong #latteeffect yg bisa dikurangi #CF
  • ‘latte effect’: people who spend money on the little things every day don’t realize how much it can add up over time – Lauren Young #CF
  • Contohnya: rokok, kopi starbucks, medikur/pedikur, pijet sehat, dinner di luar dll. Jika dikurangi tdk brdampak besar pd hidup kita #CF
  • Msh kurang jg? Mungkin income rutinnya yg mst ditambah ;p #CF
  • Dgn mencatat pengeluaran, akan melatih anda mengenali karakter keuangan dan habit anda sendiri #CF
  • Catatan ini yg akan jd sumber utama utk melangkah ke finplan. Bisa diketahui berapa porsi pengeluaran masing2 pos rmh tangga #CF
  • Dari catatan bisa diketahui dgn pasti berapa income yg bisa dialokasikan ke investasi utk semua tujuan keuangan anda nantinya #CF
  • Dgn catatan ini, anda akan dapet “Mengatur Pengeluaran Secara Bijak”. Judul salah 1 buku Pak@SafirSenduk tuh ;p #CF
  • Stlh tau alokasi pengeluaran, mulailah memisahkan pendapatan sesuai pos2 pengeluaran masing2 di awal gajian #CF
  • Maksudnya adlh biar ngga ada alasan uangnya udah terpakai utk kebutuhan yg lain dan ngga tergoda belanja macem2 dulu #CF
  • Cara memisahkan bisa bermacam2, tergantung kenyamanan masing2 orang. Ngga ada aturan khusus ttg hal ini #CF
  • Salah satu cara adlh dgn Management By Amplop ala bang@AidilAKBAR , memisahkan alokasi biaya2 dlm amplop tersendiri setiap gajian tiba #CF
  • Bisa juga dgn memisahkah alokasi pengeluaran / biaya dlm rekening terpisah, sesuai dgn tujuan penggunaan masing2 #CF
  • Memang dgn rek terpisah maka biaya adm bulanan akan bertambah. Its oke, demi kedisiplinan dalam mengalokasi biaya bulanan #CF
  • Sekian pembahasan ttg langkah awal finplan. Langkah kecil dan simple namun penting utk dijalankan secara teratur. Semoga berguna #CF

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: