Makara UI: Rencanakan Masa Depan Sejahtera Dengan Reksa Dana

Tanggal 30 Mei 2017 lalu saya mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah satu pembicara dalam acara di kampus Universitas Indonesia, Depok. Acara ini diselenggarakan oleh BNI Asset Management (BNI AM) bertajuk “rencanakan masa depan sejahtera dengan rekda dana”, dengan target peserta dari kalangan rektorat Universitas Indonesia.

Produk yang dibawa oleh BNI AM adalah reksa dana pendapatan tetap bernama Makara UI, yang merupakan reksa dana yang dibentuk untuk mengelola dana abadi milik UI. Dengan demikian maka setiap investor yang membeli reksadana ini dengan sendirinya akan turut memberikan kontribusi bagi pengembangan kampus UI.

Konsep acara

Acara berdurasi 2 jam, berlokasi di Ruang Apung UI yang berdekatan dengan Perpustakaan Pusat UI yang baru. Sebuah ruangan dengan konsep menarik, dan terletak persis di pinggir danau. Saya sendiri kebagian waktu presentasi selama 1.5 jam, sedangkan sisa 30 menit digunakan oleh tim dari BNI AM untuk menjelaskan produk reksadana Makara UI secara lebih detail.

Materi acara

Topik yang disampaikan merupakan konsep umum mengenai perencanaan keuangan, dimulai dari pengenalan perencanaan keuangan dan arti pentingnya bagi setiap priadi atau keluarga. Kemudian materi dilanjutkan dengan pengenalan mengenai investasi serta jenis-jenis investasi. Namun karena hanya bersifat perkenalan, maka tidak semua instrumen dibahas dalam sesi ini.

Instrumen yang dibahas dengan cukup detail tentu saja adalah reksa dana. Ternyata banyak juga karyawan rektorat UI yang sudah familiar dan berinvestasi melalui instrumen reksa dana.

Antusiasme terhadap materi presentasi mengenai reksadana Makara UI juga ternyata lumayan tinggi, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang masuk. Padahal acara dilangsungkan pukul 13.00 – 15.00, waktu yang sangat berat untuk mendengarkan presentasi, apalagi di bulan puasa, hehehe… Yang jelas pihak BNI AM juga menyediakan gimmick berupa akun reksa dana Makara UI sebesar Rp 100.000 untuk setiap peserta yang mengajukan pertanyaan.

Setelah acara, ada tim dari Bank BNI cabang UI Depok yang juga membuka counter bagi para karyawan yang ingin langsung membuka account reksadana Makara UI ini. Dari antusiasme yang ada, semoga nantinya reksa dana Makara UI bisa makin berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kampus UI.

Image: c1.staticflickr.com

One Response

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: