Menyiapkan dan menghitung dana pendidikan (2)

Menyiapkan dan menghitung dana pendidikan

Akhirnya sempet juga saya menyiapkan tulisan kedua mengenai menghitung dana pendidikan ini. Mohon maaf jika tertunda lumayan lama karena kesibukan kerjaan di kantor. Oke, kita mulai aja.

Seperti yang saya sebutkan di postingan sebelumnya, langkah pertama dalam menyiapkan dan menghitung dana pendidikan ini adalah dengan menghitung perkiraan kebutuhan biaya pendidikan di masa depan dengan menggunakan fungsi Future Value di excel.

Nah, setelah memperoleh estimasi biaya di masa depan, angka tersebut selanjutnya akan menjadi target dana yang harus kita capai melalui investasi rutin.

Pertanyaannya: berapa investasi rutin yang harus kita sisihkan?

Menghitung investasi rutin untuk dana pendidikan

Caranya, kembali lagi menggunakan excel file. Kali ini fungsi yang akan kita gunakan adalah fungsi Payment (PMT). Ada yang udah familiar?

Rumusnya excelnya seperti ini: PMT=(rate,nper,pv,[fv],type)

PMT = payment, dalam hal ini diartikan sebagai pembayaran rutin untuk menghasilkan suatu target nilai
Rate = target return instrumen investasi yang kita gunakan
Nper = lama investasi atau jangka waktu sampai biaya pendidikan dibutuhkan
PV = dana pendidikan yang saat ini telah terkumpul (kosongkan jika tidak ada)
FV = jumlah biaya pendidikan yang menjadi target (dari perhitungan sebelumnya)
Type = tidak perlu diisi

Cerita narasi gampangnya adalah seperti ini:

Jika biaya pendidikan saat anak kita akan bersekolah pada “Nper” tahun lagi adalah sebesar “FV”, dengan tingkat return instrumen investasi yang kita pilih sebesar “Rate”, maka untuk mencapainya kita harus menginvestasikan dana sebesar “PMT” secara rutin.

Oiya, perlu diperhatikan juga, satuan waktu (periode) yang digunakan dalam rumus standard adalah dalam “tahun”. Untuk mencari besar investasi dalam periode lain, misalnya per bulan, jangan lupa untuk merubah “Nper” dan “Rate” menjadi satuan bulanan.

Caranya: Nper x 12 dan Rate / 12. Gampangkan? Jangan lupa juga untuk mengisi nilai “PV” jika saat ini telah ada alokasi dana sejumlah tertentu untuk tujuan dana pendidikan ini. Penghitungan ini harus dilakukan untuk setiap jenjang pendidikan yang diinginkan. Panjang dong?! Sayangnya iya, hehehe….

=====

Demikian sekilas cara menghitung biaya investasi rutin untuk mencapai target biaya pendidikan anak. Perlu diingat, ini hanyalah cara standard dalam menghitung target biaya dan investasi rutin, namun yang sangat menentukan keakuratannya adalah detail dalam menghitung kebutuhan biaya pendidikan dan bagaimana investasi rutin kita akan dilakukan.

So, jika ingin lebih jelas lagi memperoleh perhitungan investasi dana pendidikan yang akurat, silakan menghubungi financial planner terdekat, hehehe….

So, selamat berhitung. Semoga bisa membantu dalam mendapatkan gambaran mengenai cara menyiapkan dan menghitung dana pendidikan.

 

Image: dreamstime.com

8 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: