Akseleran: Cara Baru Menggalang Modal Usaha Tanpa Bunga dan Jaminan

Selasa malam tanggal 21 Maret lalu saya mendapat kehormatan diundang dalam acara grand launching sebuah fintech baru di Indonesia, Akseleran.com. Saya hadir bukan cuma sebagai undangan lho, tapi juga karena diminta untuk mempresentasikan usaha Baruna Fashion Warehouse di depan semua undangan. Lah kok bisa? Ntar ceritanya, hehehe…

equity crowdfunding indonesia

Tim lengkap Akseleran.com (sumber E27.co)

Permodalan usaha di Indonesia secara umum

Sebelum bahas tentang Akseleran, kita bahas dulu mengenai segmen usaha mereka, yaitu permodalan usaha, khususnya untuk usaha kecil (UMKM) ataupun startup. Buat para pemilik usaha, selama ini cuma mengenal beberapa sumber modal, yaitu:

#1 Modal sendiri

Alternatif permodalan paling aman. Kelebihannya adalah kita tidak perlu terbeban oleh kewajiban apapun dari dana yang kita setorkan sebagai modal. Kalau usaha gagal ya duit kita hilang, tidak ada pihak yang dirugikan selain diri kita.

Tapi masalahnya, apakah kita punya modal yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan usaha kita, baik pada saat mau dibangun ataupun untuk kebutuhan ekspansi? Atau malah belum punya modal sama sekali?

#2 Pinjaman dari orang tua/saudara/teman

Ini juga pilihan modal usaha yang murah sebenarnya. Biasanya malah tanpa bunga atau kompensasi apapun, atas dasar membantu keluarga/saudara atau teman sendiri.

Kelemahannya? Dana yang dibutuhkan belum tentu bisa disediakan seluruhnya. Ditambah lagi pinjaman dari orang-orang terdekat ini seringnya masih dianggap tabu sehingga seringnya malah dihindari oleh sebagian orang.

#3 Pinjaman bank

Alternatif terbaik sebenarnya, karena kebutuhan dana usaha bisa diperoleh dengan maksimal, walaupun harus disesuaikan dengan kebutuhan modal berdasarkan penilaian bank.

Kelemahannya adalah ada beban bunga disana, walaupun masih dalam taraf normal. Dan bunga sebenarnya bukan masalah utama, karena yang paling berat bagi pelaku usaha (khususnya UMKM) untuk mengajukan pinjaman di bank adalah faktor kebutuhan jaminan.

Tambahan lagi adalah faktor usaha yang sudah harus berjalan (umumnya) selama minimal 2 tahun dan kinerja keuangan harus positif. Problem berat nih buat UMKM ataupun startup.

#4 Peer to peer lending

Saat ini ada banyak fintech yang menyediakan kebutuhan modal kerja untuk startup dan UMKM. Sebut saja Investree, Modalku, Koinworks ataupun Amartha. Namun semuanya berbasis pinjaman, dimana ada beban bunga disana dan keterbatasan periode peminjaman.

P2P lending ini merupakan alternatif menarik untuk pendanaan, tapi lebih fokus kepada usaha yang sudah berjalan dengan stabil, usaha dagang, ataupun proyek yang telah memiliki waktu pengerjaan yang jelas. Kurang tepat jika digunakan untuk membiayai usaha yang baru mau mulai bertumbuh dengan periode panjang.

#5 Venture capital

Ini jelas jadi tujuan utama para pelaku usaha, khususnya startup di bidang digital, untuk memperoleh modal. Kelebihannya adalah modal yang akan diberikan benar-benar berupa setoran modal sehingga tidak ada kewajiban membayar bunga.

Tapi prosesnya tidak mudah, serta ada ticket size tertentu yang menjadi prasyarat. Tambahan lagi fokus venture capital lebih banyak pada bidang digital, sehingga sulit bagi UMKM non digital untuk memperoleh pendanaan.

Equity crowdfunding

Nah sekarang ada juga equity crowdfunding. Apaan tuh?

Equity crowdfunding is the process whereby people (i.e. the ‘crowd’) invest in an early-stage unlisted company (a company that is not listed on a stock market) in exchange for shares in that company. A shareholder has partial ownership of a company and stands to profit should the company do well. The opposite is also true, so if the company fails investors can lose some, or all, of their investment

-sindycateroom.com-

So, gampangnya equity crowdfunding ini adalah penggalangan modal dimana:

  • Pemilik usaha memperoleh modal usaha, tanpa bunga, dengan menukarkan sejumlah saham kepada investor
  • Investor memperoleh kepemilikan atas saham usaha yang dibiayai, berpotensi memperoleh keuntungan seiring perkembangan usaha, namun juga beresiko menanggung kerugian jika usaha tidak berjalan dengan baik.

Akseleran.com: Equity crowdfunding pertama di Indonesia

Akseleran adalah fintech pertama di Indonesia yang bergerak di bidang equity crowdfunding untuk mendukung permodalan UMKM dan startup di Indonesia. Dijalankan oleh anak-anak muda dengan latar belakang hukum, akuntan, financial consultant serta tim IT, Akseleran siap menjalankan konsep revolusioner dalam menggalang modal.

Akseleran.com: Portal equity crowdfunding pertama di Indonesia

Konsep Akseleran adalah mengisi funding gap antara pelaku usaha dan pemilik modal. Gap ini diisi dengan modal berbasis saham, sehingga kebutuhan pemilik usaha dan investor sama-sama bisa terpenuhi.

Di satu sisi ada para pemilik/pelaku usaha yang memiliki bisnis dengan prospek bagus namun kesulitan mengakses sumber pendanaan yang memadai.

Sementara di sisi lain ada orang-orang atau pihak yang memiliki sumber dana untuk diinvestasikan dalam bentuk usaha, namun memiliki akses terbatas pada jenis usaha yang sesuai sekaligus aman.

Disinilah Akseleran membantu menjembatani jurang pemisah antara pemilik usaha dan investor.

Keuntungan bagi startup dan UMKM dengan menggalang dana melalui Akseleran

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh UMKM dan startup dengan menggunakan platform di Akseleran, antara lain:

#1 Penggalangan modal

Pelaku usaha dibantu untuk mendapatkan dana dalam bentuk modal. Walaupun harus “membagi” sebagian kepemilikan usaha dengan investor baru, namun tidak perlu pusing lagi dengan beban bunga ataupun ketersediaan agunan.

#2 Proses mudah dan efisien

Seluruh proses dipersiapkan dan dipandu oleh tim Akseleran. Pemilik usaha cukup memberikan informasi beserta data mengenai usaha selengkap-lengkapnya, beserta rencana bisnis yang ingin dicapai.

#3 Bantuan persiapan business plan dan proyeksi keuangan

Akseleran akan mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dan startup untuk menghadapi investor, termasuk di dalamnya business plan dan proyeksi keuangan.

#4 Biaya crowdfunding yang terjangkau

Fee untuk Akseleran adalah 3% dari total dana yang berhasil diperoleh. Rate yang wajar dan relatif murah untuk manfaat yang bisa dihasilkan. Bahkan ada diskon juga untuk usaha dan startup yang berhasil lolos untuk kampanye di tahap awal.

#5 Akses ke investor

Akseleran akan membuka juga akses ke berbagai jenis investor selama proses penggalangan dana, baik itu investor individu maupun investor institusi yang ingin menginvestasikan dananya.

#6 Akses pada komunitas yang mendukung usaha

Yang terakhir, Akseleran juga akan membantu pemilik usaha untuk memperoleh akses pada komunitas yang sesuai dengan usaha, untuk membantu memperluas pasar di masa depan.

Keuntungan bagi investor yang menanamkan modal melalui Akseleran

Trus apa dong keuntungan buat para investor yang berinvestasi melalui Akseleran? Apalagi ini bentuknya setoran modal, yang mana jika usaha merugi maka investor berpotensi untuk kehilangan semua investasinya.

Yang perlu diingat, sebenarnya kesempatan investasi pada startup dan UKM biasanya hanya dapat diakses oleh investor profesional atau venture capital mengingat proses yang panjang, rumit dan mahal. Hal ini membuat proses investasi startup dan UKM menjadi tidak efisien bagi investor individual.

Ini beberapa keuntungan bagi investor Akseleran:

#1 Akses untuk menanam modal pada startup dan UMKM inovatif Indonesia

Investor tidak perlu lagi bingung dan ragu dalam memilih usaha atau startup yang tepat, karena setiap usaha/startup yang bisa masuk dalam proses penggalanagan dana Akseleran telah melalui proses seleksi serta uji tuntas hukum dan keuangan yang ketat.

Saya sendiri merasakan hal ini, dimana semua data Baruna diminta dengan detail, termasuk juga catatan penjualan 3 tahun terakhir serta rekening koran dari semua rekening yang digunakan selama 1 tahun terakhir. Ada juga kunjungan tim Akseleran ke outlet dan gudang.

#2 Proses online yang mudah, efisien dan aman

Semua proses investasi dilakukan secara online sehingga memudahkan bagi siapapun yang ingin berinvestasi. Investor cukup melakukan pendaftaran di web Akseleran, mengisi beberapa data, dan sudah bisa mengakses semua data kampanye penggalangan dana yang sedang berlangsung.

#3 Tidak dikenakan biaya apapaun

Ini kerennya. Tidak ada biaya apapun yang dibebankan terhadap investor dari Akseleran.

#4 Perlindungan maksimal

Semua perlindungan hukum bagi investor telah didesain sebaik mungkin oleh tim Akseleran. Maklum saja, sang CEO Ivan Tambunan, adalah seorang ex-lawyer handal, hehehe…

Akseleran akan menangani seluruh proses investasi, antara lain: melakukan uji tuntas hukum dan keuangan, melakukan negosiasi, melakukan dokumentasi hukum, dan melakukan proses penyelesaian investasi

#5 Nilai investasi yang sangat terjangkau

Minimal nilai investasi di Akseleran hanya Rp 100ribu saja. Nilai yang bahkan lebih kecil dibandingkan biaya yang saya keluarkan untuk nonton berdua dengan istri kemarin malam, hehehe. Bayangkan dengan selembar uang Rp 100ribu, anda sudah bisa ikut serta memiliki sebuah bisnis.

Catatan tambahan: exit strategy

Karena investasi di Akseleran berbentuk penyertaan saham, maka exit strategy nya berbeda dengan investasi umum seperti pinjaman yang simply selesai melalui pelunasan pinjaman. Dalam investasi berbentuk penyertaan saham, ada beberapa alternatif exit strategy:

  1. Melalui pembagian dividen dari hasil usaha di periode tertentu secara proporsional sesuai porsi saham yang dimiliki.
  2. Melalui capital gain jika nilai dari perusahaan meningkat di masa depan dan dibeli oleh investor lain.
  3. Melalui proses penawaran saham kepada masyarakat atau IPO di Bursa Efek Indonesia.

Kampanye Akseleran saat ini

Saat ini ada beberapa kampanye penggalangan dana yang sedang dijalankan melalui Akseleran pada tahapan awal ini:

Tiga kampanye penggalangan modal paling atas adalah penggalangan dana usaha yang saat ini sudah memasuki kampanye terbuka. Baruna Fashion Warehouse, bersama-sama dengan Waroeng Indosehat dan Elleanor Batik, merupakan usaha-usaha perdana yang berhasil lolos dalam seleksi awal di platform Akseleran.

Kebetulan saya adalah co-founder di Baruna Fashion Warehouse sehingga dengan sendirinya berkewajiban untuk memberikan sedikit presentasi mengenai usaha di bidang fashion ini di hadapan orang-orang yang hadir pada acara grand launching Akseleran pada 21 Maret 2017 lalu.

Kampanye Baruna Fashion Warehouse

Karena saya ada kepentingan juga dalam kasus Akseleran ini #jujur, maka untuk menjelaskan detail lanjutan dari Akseleran, mohon ijin menggunakan contoh kasus Baruna ya, sekalian promosi jika ada yang tertarik untuk berinvestasi, hehehe…

Di sebelah kiri (di atas – untuk tampilan di HP) adalah bentuk kampanye penggalangan dana yang sedang berjalan untuk Baruna Fashion Warehouse. File lengkapnya bisa diperoleh melalui linkBaruna Fashion Warehouse.

Setelah file pdf diatas terbuka, silakan diklik link yang ada di bagian bawah untuk masuk ke halaman penggalangan dana.

Disitu bisa langsung terlihat beberapa informasi singkat tentang kampanye yang dilakukan, seperti dana yang dibutuhkan, berapa dana yang sudah terkumpul dan nilai valuasi usaha.

Untuk memperoleh investasi dengan lebih lengkap dan memulai investasi, silakan melakukan pendaftaran terlebih dahulu (simak: cara berinvestasi di Akseleran).

Calon investor juga berhak untuk meminta para pemilik usaha untuk mengirimkan data lengkap keuangan, termasuk juga proyeksi usaha di masa mendatang.

Namun karena informasi ini agak sensitif dan bersifat confidential, maka harap dimaklumi jika mungkin anda (sebagai calon investor) akan memperoleh sedikit pertanyaan verifikasi dari founder sebelum data tersebut dikirimkan.

Cukup jelas kan? Kampanye usaha yang lain pun bisa ditemukan di Akseleran, dengan proses untuk melakukan investasi seperti yang telah saya uraikan di atas.

Catatan pada pemilik usaha dan investor

Well, harus diakui bahwa Akseleran adalah sebuah fintech yang revolusioner dalam menggalang modal bagi pemilik usaha dan startup, dan juga menjadi salah satu alternatif investasi bagi masyarakat yang berkeinginan untuk menanam modal pada bisnis riil di Indonesia.

Catatan untuk pemilik usaha

Akseleran memberikan alternatif baru bagi UMKM dan startup untuk dapat dengan mudah mengakses modal dalam bentuk penyertaan saham di Indonesia. Di satu sisi ada kemudahan yang ditawarkan karena tidak ada bunga dan pengembalian modal serta agunan yang harus disiapkan. Namun harus disadari bahwa ada implikasi yang mungkin timbul karena ada porsi kepemilikan yang dibagi kepada “orang baru”.

Dengan adanya kepercayaan dari investor, maka sudah menjadi kewajiban pemilik usaha dan startup untuk bertanggung jawab dengan memegang komitmen dan menjalankan usaha sesuai dengan proyeksi dan rencana yang telah dibuat.

Catatan untuk investor

Investasi pada UMKM dan startup adalah investasi jangka panjang, yang menawarkan keuntungan sangat menarik namun sekaligus juga memiliki risiko relatif tinggi karena tidak memberikan pegangan jaminan dalam bentuk apapun. Karena itu, sebagai calon investor, pastikan anda benar-benar memahami bidang usaha yang ingin dimasuki serta kondisi perusahaan yang menjadi kendaraan investasi anda.

Misalkan anda ingin berinvestasi di Baruna Fashion Warehouse, maka pastikan anda paham dengan kondisi Baruna saat ini dengan menganalisa semua data yang telah disiapkan oleh tim Akseleran. Pahami juga rencana perusahaan ke depan, termasuk untuk apa uang anda digunakan dan target apa yang hendak dicapai. Jangan sungkan juga untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tambahan jika dirasa perlu.

Analogi dalam berkendara, seorang investor mempercayakan dananya untuk dibawa dengan kendaraan tertentu menuju tempat tujuan. Karena itu, pastikan anda memahami dengan jelas kendaraan yang digunakan serta tau dengan pasti jalur yang akan ditempuh untuk sampai di tujuan.

Penutup

Sebagai penutup, selamat untuk tim Akseleran atas grand launching pada 21 Maret kemarin. Semoga dapat berkembang menjadi perantara bagi UMKM dan startup di Indonesia untuk berkembang, sekaligus juga menjadi perantara handal bagi para investor untuk mencari tempat investasi yang aman dan menguntungkan.

Sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: