3 Modal Utama Memulai Usaha

bisnis tanpa modalModal utama memulai usaha. Kalau kita ketik keyword “memulai usaha tanpa modal” di Google, dengan sendirinya akan muncul banyak link yang berisi tips-tips dan cara-cara yang bisa dilakukan untuk berusaha tanpa memiliki modal. Contohnya di artikel Detik ini.

Tapi apakah benar usah tersebut bisa dimulai tanpa “modal” sama sekali? Balik ke definisi tentang MODAL sendiri. Jika yang dimaksud adalah “uang” yang langsung berkaitan dengan usaha maka mungkin benar, namun jika berbicara tentang modal keseluruhan, maka sebenarnya semua usaha harus dimulai dengan modal.

3 modal utama memulai usaha

Kemarin kebetulan saya berkesempatan mengikuti acara kopi sore bersama Garuda Kirana Mahardhika Internasional Business School di bawah asuhan Pak Rudy Gunawan.

Salah satu hal yang saya tangkap dari sesi tersebut adalah masalah modal ini, dimana untuk memulai usaha, dibutuhkan beberapa MODAL penting yang diantaranya meliputi 3 hal:

Pengetahuan

Setiap orang yang ingin memulai usaha wajib memiliki pengetahuan yang cukup, baik tentang ide, bidang bisnis yang akan digeluti maupun tentang hal-hal lain yang umum di dunia usaha.

Pengetahuan ini harus dipelajari, bisa melalui sekolah formal, sekolah non formal, buku-buku, internet, melalui mentor-mentor yang telah berhasil ataupun melalui komunitas-komunitas wirausaha seperti Entrepreneur University dan Tangan Di Atas.

Pengetahuan sekolah formal dan non formal tentu memerlukan biaya yang kadang tidak sedikit. Pengetahuan melalui buku dan internet pun memerlukan usaha dan juga biaya.

Sedangkan pengetahuan melalui mentor dan komunitas kebanyakan bisa diperoleh secara gratis, namun tetap memerlukan usaha kita untuk mengejar mentor yang sesuai dan ikut dalam kegiatan-kegiatan komunitas.

Dalam hal ini, setidaknya dengkul dibutuhkan sebagai modal.

Sumber daya

Tentu saja sumber daya paling penting adalah uang, namun bukan segalanya, dan tidak menjadi topik bahasan kita kali ini. Sumber daya penting lainnya antara lain network, rekan bisnis dan mungkin karyawan yang bisa dipercaya.

Kembali lagi, untuk memperoleh sumber daya penting tersebut, ada modal berupa kerja keras dan kemauan yang kuat untuk mencarinya, tidak bisa hanya dengan berdiam diri. Paling tidak dengkul kita harus lebih sering dipakai untuk bisa melakukan kegiatan networking yang optimal, hehehe.

Iman

Ini modal paling dasar sebenarnya, dan sekaligus paling dibutuhkan dalam memulai usaha.

Tanpa iman yang kuat, calon pengusaha akan menjadi gampang menyerah dan tidak percaya diri. Tanpa iman yang baik maka usaha yang dijalankan kemungkinan tidak bisa bertahan lama.

Tanpa iman yang baik maka pribadi calon pengusaha tidak bisa dengan mudah diterima, baik oleh konsumen, rekan bisnis, maupun investor.

Contoh gampang, dari artikel Detik tadi, dijelaskan bahwa modal uang bisa diperoleh dengan meminjam, berpartner dengan orang lain ataupun melalui bantuan bank. Segampang itukah? Tentunya tidak.

Pertanyaan paling penting, bagaimana caranya membuat orang-orang tersebut percaya terhadap kita dan mau mengambil resiko dalam bisnis kita? Jawabannya, melalui perilaku yang selalu dilandasi oleh iman yang baik. Itu adalah cara pembuktian paling baik tentang kapabilitas kita dimata orang lain.

 

Sekian sharing singkat saya tentang memulai usaha. Semoga berguna untuk kita semua.

 

image: www.shoutmeloud.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: