Naik gaji dong, Neng…

Selamat tahun baru 2011… Akhirnya saya bisa kembali lagi ke dunia blogger setelah 2 bulan vakum. Ternyata yg namanya punya anak tuh bener2 menyita waktu deh. Kalo biasanya pulang kantor udah bisa nongkrong ama laptop, skrg udah ngga bisa lagi. Pasti lebih kegoda untuk maen ama si kecil yg lagi lucu2nya. Kalo dia udah tidur, kitanya yg kcapean. Tidur juga deh, hehehe.

Permintaan naik gaji

Tahun 2011 dibuka dengan kejadian baru dan menarik untuk keluarga saya. Gara2 si mbok, yg bertanggung jawab atas cucian di rumah skaligus ikut ngejagain anak saya, tau2 ngerajuk ke istri saya: neng, naek gaji dooong…

Kenapa ini baru dan menarik?

Karena ngga kerasa udah mo setahun aja si mbok kerja ama kita. Dan sbelum ini saya dan istri ngga pernah punya pengalaman punya asisten rumah tangga. So, mana kepikiran masalah naek gaji kayak gini? Kirain flat seumur hidup.

Sempet sih kpikiran, si mbok kurang sopan jg yah. Tapi kalo dipikir-pikir, itu juga emang hak dia sih. Lha wong kita aja nuntut naek gaji di kantor tiap tahun, malah kalo bisa mah tiap bulan. Lha wong si mbok juga pasti kena dampak cabe mahal juga.

Hanya beda aja, kalo ada di sisi pekerja kita maunya nuntut aja. Giliran di sisi penggaji, jadi lupa deh ama kewajiban, hehehe. Ini juga alesan knapa perusahaan terkesan males naekin gaji karyawan kali yah.

Beratkah kenaikan gaji si mbok?

Kalo diitung-itung, gaji si mbok kalo dinaikin 10% pun masih tetep dibawah sejuta. Padahal dengan knaikan 10% itu si mbok sudah bisa menyesuaikan hidupnya dengan inflasi 6.96% di 2010 kemaren. Berat untuk kita?
Harusnya sih ngga. Awal tahun ini tentunya kita semua akan mendapat penyesuaian / kenaikan gaji tahunan dari tempat kerja. Biasanya kenaikan gaji ini pasti didasarkan pada besarnya inflasi tahun kemaren plus presentase prestasi dan lain-lain. Kemungkinan kita akan dapet kenaikan 10% juga atau lebih besar. Sesial-sialnya, kenaikan akan sebesar inflasi.
Nah sekarang, coba bandingin kenaikan gaji kita secara nominal dengan kenaikan gaji si mbok. Berapa persen kenaikan untuk si mbok dibanding punya kita?

Approved!!

So, di saat kita mulai memutuskan mempekerjakan orang lain untuk membantu kita, harusnya masalah kenaikan gaji adalah sesuatu yang wajar dan harus dilakukan. Toh emang ini bagian dari kebutuhan setiap orang dalam menghadapi kenaikan biaya hidup. Jangan pernah pelit, karena rejeki untuk kita pasti akan lebih melimpah.
Happy New Year 2011!!

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: