Pria dan Uang

Pria dan uang

Pria dan Uang

Selamat Tahun Baru 2013. Mengawali tahun baru ini, saya sajikan sebuah tulisan tentang Pria dan Uang yang juga pernah dimuat di Zapfinance.

Kaum pria umumnya memiliki perilaku yang berbeda dalam hal pengaturan keuangan keluarga.

Umumnya pria lebih memilih untuk tidak ikut campur dalam urusan keuangan rumah tangga dan mempercayakan semuanya kepada sang istri. Kaum pria lebih tertarik untuk terlibat dalam urusan keuangan diluar rumahtangga yang menyangkut investasi ataupun bisnis untuk meningkatkan aset.

Survey AskMen.com

Menurut sebuah survey dari AskMen.com, mayoritas pria di Amerika Serikat memilih Warren Buffet, investor terkaya dunia, sebagai panutan mereka dalam masalah keuangan. Panutan selanjutnya adalah figur ayah mereka dan Donald Trump, pengusaha terkemuka di Amerika Serikat.

Hanya sekitar 5% dari mereka yang memilih Suze Orman, financial planner kenamaan di Amerika Serikat, sebagai referensi pengaturan keuangan.

Dari survey ini makin terbukti bahwa umumnya kaum pria lebih tertarik untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan lansung dengan investasi di pasar keuangan dan bisnis untuk mengejar kekayaan daripada bagamana memperkuat keuangan keluarga untuk mencapai tujuan-tujuan bersama.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Tidak ada yang salah dengan aktivitas-aktivitas bisnis, selama pembagian tugas pengaturan keuangan di rumah telah dijalankan dengan baik oleh pasangan. Namun sebaiknya, sebelum memutuskan untuk fokus dalam berinvestasi dan bisnis, ada beberapa hal yang terlebih dahulu Anda pastikan:

  1. Pembagian tugas dengan pasangan. Sepakati dulu pembagian tugas pengaturan keuangan dengan istri Anda. Pastikan semua alokasi pendapatan keluarga mampu mencukupi semua kebutuhan rutin.
  2. Dana darurat. Pastikan keluarga Anda telah memiliki dana darurat yang memadai untuk menghadapi keadaan yang tidak terduga.
  3. Pemenuhan kebutuhan keuangan keluarga. Yakinkan bahwa semua tujuan keuangan keluarga jangka panjang seperti dana pendidikan anak dan dana pensiun telah disiapkan dengan baik.
  4. Asuransi jiwa. Siapkan polis asuransi jiwa dengan pertanggungan yang memadai.

Jika semua hal ini telah dilakukan maka Anda siap untuk mulai berinvestasi dan berbisnis seperti seorang Warren Buffet dan Donald Trump.

Semoga bermanfaat.

 

Image: www.khilafatworld.com

Tulisan ini juga dimuat di www.zapfinance.co.id

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: