Program Total E&P Indonesie SMILE 2017: Investasi Usaha

Tanggal 23-24 Mei 2017 lalu saya mendapatkan kesempatan untuk turut dalam sebuah acara di Total E&P Indonesia, yang diberi nama Total E&P SMILE 2017 (TEPI SMILE 2017), di Balikpapan. Ini adalah suatu acara kerjasama antara Total E&P Indonesie dan ZAP Finance, dimana saya diberi kepercayaan untuk menjadi salah satu konsultan dibawah ZAP Finance.

TEPI SMILE ini adalah suatu acara pembekalan perencanaan keuangan dan investasi bagi para karyawan Total E&P, dengan tiga kategori utama pembekalan:

  • Perencanaan keuangan pribadi
  • Investasi pasar modal
  • Investasi usaha

Perencanaan keuangan pribadi dilakukan oleh para konsultan dari ZAP Finance, investasi pasar modal diwakili oleh teman-teman dari Trimegah Sekuritas, sedangkan saya kebagian memberikan materi mengenai investasi usaha.

Kelas investasi usaha

Acara dibagi dalam bentuk penyampaian materi di kelas dan juga konsultasi 1 on 1 dengan para karyawan. Hari pertama saya bertugas untuk menyampaikan materi mengenai investasi di dunia usaha. Peserta dibagi dalam 4 kelas, dengan masing-masing kelas berdurasi 1.5 jam.

Materi investasi usaha sendiri terbagi dalam 2 kategori:

#1 Investasi berbentuk saham

Maksudnya adalah bagaimana jika kita ingin memiliki usaha dengan penyertaan modal (saham), baik dengan memulai usaha dari nol maupun dengan membeli sebagian kepemilikan saham di usaha yang telah berjalan. Disini lebih dibahas mengenai bagaimana memulai suatu usaha, business plan serta valuasi usaha jika ingin bergabung atau membeli usaha orang lain.

Tidak lupa juga pembahasan mengenai persiapan memulai usaha, baik dari sisi pengamanan cash flow keluarga (agar tidak tergerus dalam usaha), maupun dari sisi bagaimana melatih diri untuk perlahan-lahan berpikir sebagai seorang pemilik usaha. Maklum saja, pola pikir dan risk profile seorang karyawan tentu berbeda dengan seorang pengusaha.

#2 Investasi berbentuk pinjaman

Dengan makin maraknya financial technology (fintech), khususnya peer-to-peer lending (P2P), maka menjadi peluang baru bagi orang-orang yang ingin mengembangkan dananya tanpa melalui penyertaan modal.

Setidaknya dana yang dimiliki bisa diputarkan dengan durasi yang relatif pendek dan dengan imbal hasil yang pasti. Dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi dari suku bunga perbankan, P2P ini menjadi pilihan yang cukup menarik.

Walaupun memang harus tetap diingat bahwa P2P sendiri merupakan industri yang masih baru dan tidak mendapatkan penjaminan apapun dari regulator. Tambahan lagi bentuknya masih pinjaman biasa yang memiliki bunga, belum ada yang berbentuk syariah atau bagi hasil.

Konsultasi 1 on 1

Hari kedua acaranya adalah 1 on 1 consultation. Rekor pribadi untuk saya karena hari itu saya melayani konsultasi dengan 20 orang karyawan, dari jam 09.00 sampai dengan 17.30. Luar biasa sekali antusiasme teman-teman di Total E&P untuk belajar dan saling tukar pikiran.

Jika saja tidak ada time keeper dari tim training center Total E&P yang tegas dalam menjatah waktu konsultasi para peserta, dipastikan durasi acara akan berjalan lebih panjang. Seru banget ternyata ngobrol-ngobrol tentang usaha seperti itu.

Ternyata ada beberapa karyawan yang memang sudah pernah atau sedang merintis beberapa macam  usaha, baik usaha yang relatif aman seperti kos-kosan, maupun usaha lain yang melibatkan produksi barang jadi dan jasa. Ada juga yang memanfaatkan market place untuk berjualan barang-barang kebutuhan rumah tangga. Saya sendiri jadi banyak belajar juga dari tukar pikiran seperti itu, hehehe…

Penutup

Secara keseluruhan, acara di TEPI SMILE 2017 ini berjalan dengan lancar dan menyenangkan, apalagi dengan animo dan antusiasme para karyawan di dalam kelas maupun saat konsultasi 1 on 1.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: