Reksadana Terbaik 2016

Nah ini adalah topik rutin yang selalu saya usahakan untuk dibahas di awal tahun. Selalu menarik memperhatikan reksadana mana saja yang mampu memberikan return tertinggi di Indonesia sepanjang 1 tahun yang telah dilewati. Udah kayak penghargaan Oscar gini jadinya, hehehe…

[Baca juga: 3 Bank Penjual Reksadana Pilihan di Indonesia]

Reksadana terbaik sepanjang 2016

Berbicara reksadana, biasanya yang menjadi benchmark untuk perbandingan adalah kinerja saham secara keseluruhan atau dalam hal ini adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sebagai info, sepanjang tahun 2016 lalu, return IHSG adalah sebesar 15.32%. Memang sih, ini relatif kecil untuk return yang diharapkan dari instrumen saham. Well, mau gimana lagi, ini adalah pengaruh dari kondisi ekonomi kita (dan juga global) yang dalam keadaan tidak terlalu bagus.

Tapi kan IHSG itu cuma indeks yang menghitung rata-rata return dari semua saham yang diperdagangkan di bursa. Jadi jelas ada saham yang returnya tinggi banget, ada juga yang malah berkinerja negatif. Jadi jika manajer investasi nya cukup jeli, maka tidak akan heran akan ada beberapa reksadana yang mencetak keuntungan lumayan tinggi.

Yuk deh kita bahas. Berikut ini adalah reksadana terbaik berdasarkan return (hanya) dalam 1 tahun terakhir (tahun 2016), yang saya sadur dari pembahasan di harian Kontan (5 Jan 2017) yang menggunakan data dari Infovesta.

Reksadana saham

Reksadana saham terbaik 2016

Reksadana saham terbaik 2016

Kelima reksadana saham di atas membukukan kinerja yang jauh di atas IHSG 2016. Menarik karena Sucorinvest tahun ini menempatkan 2 reksadana saham besutannya di dalam peringkat 3 besar. Seperti yang dikutip dari Kontan, rata-rata reksadana saham yang membukukan kinerja baik ini memfokuskan isi portfolio sahamnya pada sektor pertambangan, aneka industri, keuangan dan konsumsi.

Contohnya, reksadana peringkat 2: Sucorinvest Equity Fund, menempatkan mayoritas dananya pada saham Aneka Tambang (ANTM), Bank BNI (BBNI), Gudang Garam (GGRM), Telkom (TLKM) dan Wijaya Karya (WIKA).

Reksadana campuran

Reksadana campuran terbaik 2016

Untuk reksadana campuran, reksadana yang berkinerja bagus umumnya yang bersifat agresif dengan komposisi investasi pada saham yang cukup besar. Untuk Net Dana Flexi sendiri, 50% dananya ditempatkan pada saham di sektor infrastruktur, dan sisanya disebar pada sektor keuangan, pertambangan dan perkebunan.

Reksadana pendapatan tetap

Reksadana pendapatan tetap terbaik 2016

Pada reksadana pendapatan tetap, terdapat beberapa produk yang bisa menyaingi kinerja IHSG. Luar biasa. Menurut Bahana TCW, yang menempatkan 2 produk reksadana mereka dalam 5 besar reksadana pendapatan tetap terbaik, kinerja gemilang ini didukung oleh pemilihan surat utang negara (SUN) dengan durasi yang panjang dalam portfolio produk mereka.

Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang terbaik 2016

Sedangkan pada reksadana pasar uang, rata-rata masih menghasilkan return diatas imbal hasil deposito saat ini. Para manajer investasi dari produk-produk reksadana ini menginvestasikan dana mereka pada surat utang (obligasi) dengan peringkat idAA- dan memiliki waktu jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

[Baca juga: 3 Penjual Reksadana Online Terbaik]

Penutup

Demikian daftar peringkat reksadana terbaik pada tahun 2016 berdasarkan data dari Infovesta dan ulasan di harian Kontan. Berikut summary nya biar lebih gampang dilihat, heheeh…

Reksadana terbaik 2016

Namun perlu diingat, bukan berarti reksadana yang lain jelek lho. Peringkat di atas disusun hanya berdasarkan data kinerja 1 tahun terakhir saja. Sedangkan jika kita melihat data lebih panjang (misalnya 3 tahun), bisa jadi secara rata-rata ada reksdana lain yang kinerjanya lebih bagus atau lebih stabil.

So tetap lakukan riset dan analisa sebelum memilih produk reksadana untuk berinvestasi. Semoga sharing kali ini bisa menjadi masukan juga untuk memulai berinvestasi reksadana di tahun 2017.

4 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: