SEKAPUR SIRIH

Perencanaan keuangan untuk keluarga muda

Setelah sekian lama vakum dari kegiatan nge-blog (walaupun cuma iseng-iseng), akhirnya muncul juga niat untuk kembali nulis. Tapi despite of nulis dengan topic bebas, kali ini gw coba untuk nulis sesuatu yang lebih focus (denger-denger sih emang begini kudunya kalo mo bikin blog ;p).
Mengenai apa? Mengenai financial planning dalam keluarga, atau lebih spesifiknya perencanaan keuangan untuk keluarga muda.

Btw, sekapur sirih tu artinya apaan sih?!

Kenapa topic financial planning dalam keluarga?

Simple aja, karena kebetulan gw baru berkeluarga awal tahun lalu dan sekarang lagi nunggu kelahiran anak pertama gw (it’s a boy), dan suddenly gw baru nyadar kalo ternyata hidup berkeluarga itu ngga hanya tentang menggabungkan 2 hati, 2 kepribadian, 2 budaya, 2 income, dsb, tp yang paling penting: menggabungkan 2 masalah dan menimbulkan masalah baru, hehehe.

Well, sbenernya bukan masalah baru sih, tapi maksud gw, setelah gw merid ternyata baru kepikiran banyak hal yang sbelumnya ngga kepikiran sama skali. Misalnya:

1. Uang pensiun: secara selama ini gw pikir udah udah cukup dengan Jamsostek ama DPLK dari kantor, tapi sayangnya brapa duitnya pas pensiun sama skali ga kebayang.
2. Uang pendidikan anak: ini dia nih yang bikin shock banget pas baca perkiraan biaya pendidikan di masa depan. Fiuuuh, mahal gila..!! Bikin anak sih emang enak, tapi langsung pait pas ngeliat biaya sekolahnya.
3. Asuransi jiwa: lucu juga nih karena gw dah punya asuransi unitlink dari 3 tahun lalu tapi gw baru merhatiin jumlah UP nya beberapa bulan lalu. Iyalah, dulu beli asuransi unitlink Cuma ngasal, taunya yang penting udah punya asuransi. Skarang? Mo makan apa istri anak gw kalo gw kenapa2 tp UP asuransi gw Cuma seuprit..!!
4. Anggaran keluarga: ternyata yang namanya Balance Sheet ama Cash Flow ngga Cuma dibutuhin di perusahaan doang, tiap orang juga harusnya punya, apalagi keluarga. Penting banget nih kalo masih mau pension dengan tenang dan sang anak bisa dapet pendidikan yang layak.
5. Investasi: secara ini alat paling penting buat ngatur duit di masa depan, so mesti tau instrumen2 yang cocok. Ngandelin nabung ato deposito?Jangan sampe deh…

Jadi, beberapa bulan terakhir gw dan istri berusaha nyusun semua hal di atas, disesuikan dengan kemampuan kita saat ini dan kebutuhan di masa depan. Thanx banget untuk Ligwina Hananto, Safir Senduk and Aidil Akbar yang udah jadi sumber inspirasi keluarga kami. Ternyata menarik juga lho ngutak-ngatik bginian, hehehe…

Tips dan sharing pribadi

So, lewat blog ini, gw cuma berusaha untuk sharing dan membagi tips yang udah dilakukan di keluarga kecil gw, dengan harapan semoga berguna dan menambah informasi bagi orang lain, khususnya bagi teman-teman yang baru memulai hidup berumah tangga, baru merencanakan untuk berkeluarga, atau baru menyadari bahwa perencanaan keuangan pribadi secara dini adalah hal yang sangat penting untuk kita.

Syukur-syukur juga ada teman-teman yang mau turut membagi pengetahuan dan informasi seputar financial planning di blog ini (tips, sharing pengalaman, info produk, or apa pun).

Skali lagi, blog ini bukan bertujuan untuk mengajari atau menggurui, hanya sekedar berbagi tips dan pengalaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan keuangan, baik dalam kehidupan keluarga muda maupun yang masih melajang namun peduli terhadap pengaturan keuangan pribadi.

Thank you.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: