Seri Perencanaan Keuangan Keluarga oleh Safir Senduk

Buku Seri Perencanaan Keuangan Keluarga oleh Safir Senduk ini adalah buku pertama saya yang menginspirasi dalam mengelola keuangan keluarga. Saat memulai proses belajar dalam topik ini, tidak banyak bahan referensi yang menawarkan penjelasan secara lengkap dalam segala sisi perencanaan keuangan keluarga.

Detail seri perencanaan keuangan

Seri buku yang diterbitkan sejak tahun 1999 terdiri dari 6 buah buku:

  • Mengantisipasi Risiko – Berisi penjelasan mengenai berbagai macam risiko yang yang harus diantisipasi serta jenis-janis asuransi yang bisa digunakan.
  • Mengelola Keuangan Keluarga – Berisi penjelasan yang cukup lengkap mengenai perencanaan keuangan keluarga meliputi penentuan tujuan, mengelola keuangan rutin, berinvestasi danmengajarkan investasi pada anak.
  • Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak – Di buku ini dijelaskan secara lebih rinci mengenai cara mempersiapkan dana pendidikan anak, termasuk pembahasan mengenai kesalahan-kesalah umum yang umum dilakukan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan ini. Juga dibahas mengenai cara mempersiapkan pendidikan anak di luar negeri.
  • Merancang Program Pensiun – Persiapan pension dibahas dengan detail di buku ini, termasuk juga kesalahan-kesalah yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tidak lupa juga dibahas mengenai persiapan proteksi kesehatan untuk menghadapi masa pensiun nanti.
  • Mengatur Pengeluaran Secara Bijak – Buku ini lebih menekankan pada pengelolaan pendapatan untuk menghadapi berbagai hal khususnya kenaikan harga setiap tahunnya. Analisa pengeluaran khususnya dalam hal pembayaran cicilan hutang, setoran tabungan, premi asuransi, biaya hidup dan pengeluaran tak terduga secara bijak.
  • Mencari Penghasilan Tambahan – Buku terakhir dalam seri Perencanaan Keuangan, yang juga merupakan buku paling tebal dalam seri ini, tidak lagi membahas mengenai pengelolaan pendapatan yang sudah ada. Fokus utama adalah bagaimana menambah cash flow rutin dalam keluarga melalui berbagai alternatif yang mungkin dilakukan. Buku ini ditutup dengan pembahasan mengenai cara memilih altervatif yang paling tepat untuk diri kita.

Buku terbaik dengan sedikit kekurangan

Buat saya seri buku Perencanaan Keuangan Keluarga ini masih merupakan referensi perencanaan keuangan yang terlengkap yang pernah ada sampai saat ini.

Sayangnya karena sudah berusia lebih dari 10 tahun maka banyak hal yang sudah tidak terupdate dengan baik, termasuk beberapa perkembangan yang ada dalam teknik pengelolaan keuangan keluarga maupun produk-produk yang bisa digunakan.

Namun sebagai sumber pembelajaran, seri buku ini tetap bisa dijadikan pegangan yang baik.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: