Pilihan Tempat Les Olahraga Untuk Anak: GOR Ragunan

Ini bukan iklan lho, cuma mau sharing pengalaman pribadi aja. Yes, mencari tempat les olahraga untuk anak adalah salah satu concern saya beberapa bulan belakangan ini. Maklum, anak saya baru 6 tahun, baru kelas 1 SD, dan di sekolahnya ternyata ekstrakurikuler olahraga belum menjadi pilihan untuk anak kelas 1.

Sebelumnya saya mendaftarkan anak saya di tempat les olahraga untuk anak yang saat ini sudah banyak buka di mall-mall gede. Bagus sih memang, rapi dan bersih. Banyak pilihan olahraga pula. Jadi bisa olahraga macem-macem di satu lokasi. Tapi karena lokasinya rada jauh dari rumah, sering banget kita sampainya telat karena macet (jadwal anak saya di weekend).

Belum lagi durasi latihannya yang hanya 1 jam per sesi. Terus kelas-kelas yang kadang sepi plus selalu ada anak baru, sehingga materinya tampak selalu berulang. Kayaknya kurang fokus aja gitu. So, akhirnya saya mencoba mencari alternatif tempat les olahraga untuk anak yang lain.

Kriterianya: dekat rumah, banyak pilihan olahraga dalam 1 lokasi, dan yang juga penting, biayanya terjangkau a.k.a murah, hehehe…

[Kapan sebaiknya mulai mengajarkan masalah uang pada anak? Simak “pentingnya pengenalan uang sejak dini“]

GOR Ragunan

Dapet juga. Dan harusnya sudah saya datangi dari dulu: GOR Ragunan. Siapa yang ngga tau Ragunan? Yes, kebon binantang. Itu trade mark Ragunan. Tapi jangan salah, Ragunan juga terkenal karena merupakan lokasi dari SMA Ragunan, sekolah atlet kaliber nasional.

GOR Ragunan

Beberapa fasilitas di area GOR Ragunan

GOR Ragunan berlokasi persis di samping kebon binatang Ragunan. Suatu kompleks yang dipenuhi dengan fasilitas olahraga yang cukup lengkap. Dari mulai lintasan lari/atletik dengan lapangan sepakbola ditengahnya, kolam renang dan loncat indah berstandar Olimpiade, lapangan latihan sepakbola, basketball hall, gedung badminton, gedung volleyball, gedung bela diri, gedung angkat berat, gedung tenis meja, sarana panjat tebing, dll.

Lengkap lah pokoknya. Walaupun harus diakui kondisi bangunannya sudah tidak begitu bagus karena termakan usia. Tapi tetap okelah. Apalagi setelah tau jika ternyata banyak sekali klub olahraga yang bermarkas di gedung-gedung tersebut.

[Pernah tau berapa biaya membesarkan seorang anak di Indonesia? Salah satu studi menyebut angka Rp 3 Milyar. Simak di: 7 Cara Menghemat Biaya Membesarkan Anak]

Beberapa les olahraga untuk anak di GOR Ragunan

So, pertengahan Juli lalu, saya datangi semua gedung satu-persatu untuk mencari ekstrakurikuler olahraga yang pas untuk anak saya. Berikut ringkasan beberapa diantaranya, khususnya dari sisi biaya sebagai informasi untuk perencanaan kebutuhan dana ekskul anak.

#1 Gymnastic

Saya tercengang juga saat pertama kali masuk ke gymnastic hall di Ragunan. Beneran lho hall yang berada di gedung yang sama dengan basketball hall ini gede banget. Mungkin karena seringnya nongkrong di sport centre di mall kali ya, jadinya kali ini terlihat gede, hehehe.

GOR Ragunan

Gymnastic hall GOR Ragunan

Alat-alatnya lengkap, persis sama kayak yang dipake Jonathan Sianturi jaman dulu. Eh pada tau Jonathan Sianturi kan?? Di hall Ragunan ini menjadi lokasi latihan beberapa gymnastic club seperti Fast Gym Club dan Unstoppable Gym Club.

Kebetulan saat saya datang, yang sedang berlatih adalah anak-anak dari Unstoppable Club. Di klub ini mereka menerima peserta latihan dari usia 4 tahun. Namun anggota terbanyak ada di usia 8-9 tahun. Pilihan olahraga untuk anak yang menarik nih.

Biaya:

  • Uang pangkal: Rp 450.000.
  • Bulanan: Rp 400.000 (latihan 1x per minggu), Rp 500.000 (2x per minggu).
  • Tidak termasuk seragam dan perlengkapan lainnya.

#2 Badminton/bulutangkis

Saya cukup kaget saat memasuki gedung bulutangkis Rudy Hartono. Kenapa? Karena banyak sekali lapangan badminton disana dan dipenuhi oleh anak-anak berusia dibawah 10 tahun yang sedang berlatih. Skillnya bikin saya geleng-geleng kepala. Blom tentu menang dah kalo saya disuruh ngelawan mereka, hehehe…

Fasilitas bulutangkis GOR Ragunan

Gedung Bulutangkis Rudy Hartono

Lebih kaget lagi karena ternyata semua anak tersebut berada dibawah naungan klub Jaya Raya, salah satu klub bulutangkis papan atas Indonesia. Ya iyalah, banyak atlet dari klub ini yang sudah berprestasi di tingkat dunia. Mau tau siapa aja?

Diantaranya adalah para peraih medali emas Olimpiade: Susi Susanti (Barcelona 1992), Chandra Wijaya/Tony Gunawan (Sydney 2000) dan Markis Kido/Hendra Setiawan (Beijing 2008).

Tercatat, selain sukses merebut 3 emas Olimpiade, pemain Jaya Raya juga menyabet 8 medali emas Kejuaraan Dunia, 12 juara All England, 8 juara Piala Thomas, 3 juara Piala Uber, 1 juara Piala Sudirman, 13 medali emas Kejuaraan Asia, 7 medali emas Asian Games, dan 59 medali emas SEA Games. Luar biasa? Bangettt..!!

So, klub Jaya Raya ini berlatih setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu. Namanya juga klub calon atlet internasional, latihannya juga intensif, hehehe… Anak-anak dari usia 5-6 tahun sudah bisa bergabung dengan klub ini. Pilihan olahraga untuk anak yang menjanjikan? Tentu saja…

Gimana biayanya? Ngga mahal lho ternyata. Apalagi untuk latihan 3x seminggu.

  • Uang pangkal: Rp 550.000
  • Uang bulanan: Rp 250.000
  • Tidak termasuk seragam dan perlengkapan lainnya.

#3 Bola basket

Ini sebenarnya tujuannya utama ke GOR Ragunan: mencari klub basket. Maklum, dari semua olahraga untuk anak yang diikuti di tempat yang lama, anak saya paling doyan main basket. Dan memang anak saya sempat diminta ikut latihan ke tim yang lebih serius, namun akhirnya dia males sendiri karena peserta kelas serius ini selalu sedikit, hehehe…

Victoria Basketball Club

Sebagian anggota Victoria Basketball Club KU-10

Nah, GOR Ragunan merupakan tempat latihan beberapa klub basket seperti Victoria dan Scorpio. Di baskethall nya terdapat 2 buah lapangan basket, dengan tribun penonton untuk para orangtua yang menunggu. Dan, bukan promosi, anak saya akhirnya bergabung dengan klub Victoria. Apa bedanya dengan tempat yang terdahulu?

Latian di Victoria jauh lebih serius. Mungkin karena pelatih-pelatihnya mantan atlet semua kali ya. Dan durasi latihannya 2 jam penuh. Awal-awal latihan anak saya sempat mengeluh kecapean. Satu hal yang tidak pernah terjadi di tempat dia sebelumnya.

Anak saya masuk di kelompok umur U-10, berisi anak-anak dari usia 6 tahun sampai 10 tahun. Latihannya setiap hari Sabtu (10.00-12.00) dan Minggu (12.00-14.00). Waktu yang tepat buat berolahraga untuk anak kayak anak saya. Gak pagi-pagi banget maksudnya, hehehe…

Biaya:

  • Uang pangkal: Rp 150.000
  • Uang bulanan: Rp 150.000
  • Tidak termasuk seragam (seragam tidak diwajibkan untuk latihan biasa).

#4 Sepak bola

Di GOR Ragunan terdapat dua lapangan besar yang menjadi tempat latihan beberapa sekolah sepakbola seperti SSB Ragunan, SSB Bintang Ragunan dan SSB Jayakarta. Dengan kualitas rumput yang lumayan terawat serta kelengkapan gawang dll yang cukup baik, sangat menarik minat anak-anak untuk berlatih dengan semangat.

Lapangan SSB GOR Ragunan

Lapangan sepakbola GOR Ragunan

Rata-rata memiliki waktu latihan 3x seminggu dan menerima peserta didik mulai usia 6 tahun. Kebetulan saya datang di lapangan saat SSB Bintang Ragunan baru akan mulai berlatih, sehingga data yang saya peroleh adalah berdasarkan keterangan pengurus SSB tersebut.

Biaya:

  • Uang pangkal: Rp 500.000. Biaya ini sudah termasuk seragam dan kaos kaki, serta uang bulanan untuk bulan pertama.
  • Uang bulanan: Rp 100.000.

#5 Renang

Kalo urusan renang, tidak ada klub khusus atau sekolah renang yang belokasi di kolam renang Ragunan. Tapi ada beberapa pelatih renang yang memang khusus disediakan untuk menjadi guru renang bagi anak-anak.

Kolam renang GOR Ragunan

Kolam renang Ragunan di akhir pekan

Dengan ukuran olympic size, kolam renang Ragunan ini menjadi lokasi yang pas untuk belajar renang dari kemampuan dasar. Para guru renang pun sudah terbiasa menangani anak-anak kecil. Anak-anak dikelompokkan berdasarkan kemampuan masing-masing.

Waktu latihan:

  • Jam 15.30: Rabu, Sabtu, Minggu
  • Jam 06.00: Minggu

Biaya:

  • Rp 300.000 (4x pertemuan, 1x dalam seminggu).
  • Rp 500.000 (8x pertemuan, 2x dalam seminggu).
  • Harga sudah termasuk dengan biaya masuk untuk peserta les renang dan pengantar.

Sayangnya ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari fasilitas kolam renang Ragunan:

  • Kondisi air kurang bersih (ditambah lagi latihan dimulai persis setelah kolam ditutup dari pengunjung umum).
  • Ruang bilas dan ruang ganti tidak begitu terawat.

Les renang disini bisa untuk anak dan dewasa lho. Anak saya akhirnya sempat berlatih selama 4x pertemuan di Ragunan, dan selalu ditemani oleh saya. Jangan salah, saya nemenin bukan untuk jagain anak, tapi karena ikutan les renang juga, hehehe…

[Baca juga sebuah cerita tentang “pengalaman mengenalkan uang pada anak“]

Kesimpulan

Bagi anda warga Jakarta, khususnya Jaksel, yang sedang mencari tempat les olahraga untuk anak, GOR Ragunan merupakan alternatif yang sangat bagus. Beragam olahraga untuk anak bisa ditemukan disana dengan harga terjangkau.

Untuk yang berdomisili jauh dari Jaksel, informasi tempat les olahraga untuk anak ini bisa menjadi benchmark biaya bagi anda dalam mencari tempat les olahraga untuk anak. Tipsnya, datangi lokasi gedung/kompleks olahraga terdekat, dan cari tau klub olahraga apa saja yang bermarkas disana.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

[Baca juga: hasil dari proses mengenalkan uang pada anak sejak dini]

Image: www.itv.com

6 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: