5 Tips Bijak Menggunakan KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Source: viva.co.id

Saat ini yang namanya kredit tanpa agunan atau KTA sudah menjadi salah satu solusi cepat bagi kita untuk memperoleh dana tunai untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja. KTA ini juga banyak digunakan sebagai talangan untuk perputaran usaha.

Banyaknya tawaran dari lembaga-lembaga keuangan menandakan juga bahwa kebutuhan akan dana tunai ini sangatlah tinggi. Hampir semua bank di Indonesia, baik bank lokal maupun bank asing, sudah mengeluarkan produk-produk KTA ini.

Tidak dipungkiri juga bahwa saat ini produk KTA kadang dipandang negatif karena merupakan hutang dan terkesan seperti rentenir dengan produk berbunga tinggi. Benar begitu?

Ngga juga sebenarnya. KTA adalah kredit, dan secara umum, bahkan perusahaan-perusahaan besar pun pasti menggunakan kredit dari lembaga keuangan untuk meningkatkan performance bisnis mereka.

Jadi yang namanya kredit bagus dong? Jawabannya tergantung pada penggunaannya. Kuncinya hanya satu: bijaksana dalam menggunakan fasilitas kredit yang dimiliki. KTA adalah salah satu produk kredit untuk skala kecil, dan bisa sangat bermanfaat jika dimanfaatkan secara bijak.

Alasan KTA menjadi solusi kebutuhan uang tunai

Nah sebelum kita bahas mengenai tips menggunakan KTA dengan bijak, berikut ada beberapa alasan mengapa KTA menjadi pilihan bagi kebutuhan dana tunai, antara lain:

  1. Diberikan oleh lembaga-lembaga keuangan terpecaya. Hampir semua bank di Indonesia, baik lokal maupun asing, telah memiliki produk KTA yang dipasarkan secara luas.
  2. Kemudahan dalam mengajukan pinjaman. Tidak perlu ada agunan, cukup melampirkan data-data berupa KTP dan kartu kredit saja.
  3. Proses yang cepat. Bahkan bisa dicairkan hanya dalam 1 hari.
  4. Menawarkan limit yang cukup besar.
  5. Bunga relatif ringan, bahkan saat ini untuk limit tertentu KTA bisa diperoleh dengan bunga dibawah 1% per bulannya.

KTA adalah Hutang

KTA adalah produk yang menarik sebagai solusi dana tunai? Jelas banget. Namun, walaupun memiliki banyak hal yang menarik untuk menjadi solusi kita, KTA tetap saja merupakan hutang. Tidak ada yang salah dengan hutang, namun jika tidak dikelola dengan baik dan bijaksana, maka bisa jadi akan mendatangkan masalah bagi kita di masa mendatang.

Tips bijak menggunakan KTA

Berikut beberapa tips bagi teman-teman jika ingin memanfaatkan solusi dana tunai dari KTA. Untuk pembahasan kali ini, saya fokuskan lebih banyak kepada penggunaan untuk keperluan pribadi dan tidak banyak membahas penggunaan untuk keperluan usaha.

#Pertama, tentukan tujuan penggunaan KTA

KTA sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat atau mendesak, dan bukan hanya untuk konsumsi semata. Darurat dalam hal ini misalnya seperti kebutuhan untuk pengobatan keluarga, renovasi rumah, perbaikan mobil yang cukup besar, dan hal-hal lain yang tidak bisa ditunda pembiayaannya.

Sebaiknya jangan menggunakan KTA untuk hal-hal yang sebenarnya bisa ditunda (misalnya untuk beli gadget baru, DP mobil baru, dll) atau hal-hal yang yang biayanya bisa kita tekan (misalnya detail renovasi rumah yang dipaksakan padahal sebenarnya bisa dihilangkan/dikurangi).

Bagi teman-teman yang menggunakan KTA untuk keperluan usaha, pastikan bahwa cicilan bisa dibayarkan dari keuntungan usaha atau putaran uang usaha setiap bulannya.

#Kedua, perhatikan kondisi keuangan pribadi/keluarga.

Saat pengambilan KTA, hitung dengan baik kebutuhan dana tunai dan besaran cicilan yang akan kita tanggung per bulannya. Pastikan kita memiliki ruang dalam anggaran rutin kita untuk membayar cicilan KTA sepanjang masa kredit.

Patokannya selalu melihat pada anggaran pribadi atau keluarga kita masing-masing. Sudah pada punya kan? Jika belum, bisa simak dulu tulisan tentang Langkah-langkah Menyusun Anggaran Keluarga dan Rencana Kerja dan Anggaran Keluarga.

#Ketiga, ambil jumlah pinjaman seperlunya.

Jangan terlena dengan kemudahan pinjaman KTA yang ada ataupun fasilitas bunga yang lebih rendah jika mengambil pinjaman lebih besar. Jangan sampai kita justru tergoda untuk berperilaku konsumtif dan akhirnya memberatkan cashflow pribadi/keluarga.

#Keempat, bandingkan beberapa produk KTA.

Walupun umumnya produk KTA dari semua provider cenderung mirip, namun kita harus tetap mencermati beberapa hal seperti: bunga, biaya-biaya lain yang timbul, pinalti keterlambatan pembayaran, peraturan untuk pelunasan dipercepat, dll.

Hal ini penting untuk memastikan kita menggunakan produk yang terbaik.

#Kelima, lunasi secepatnya.

Jika dalam periode KTA tiba-tiba kita memperoleh rejeki yang memungkinkan pelunasan sebelum akhir periode, lakukan secepatnya. Tentunya dengan memperhitungkan semua konsekuensi yang mungkin timbul seperti pinalti dll ya. Karena dengan demikian kita terbebas dari beban bunga dan beban “memiliki hutang” secara psikologis.

=====

Demikian beberapa tips bijak menggunakan KTA beserta beberapa penjelasan singkat mengenai produk KTA itu sendiri. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua untuk lebih bijak mengelola keungan pribadi/keluarga.

 

Image: http://www.profittoday.net

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: