Tips Memilih Tabungan Online Terbaik

JAMANNYA TABUNGAN ONLINE ALIAS TABUNGAN DIGITAL

Tabungan online atau tabungan digital sekarang sudah mulai marak di Indonesia, diikuti dengan tumbuhnya niat untuk buka tabungan digital. Dari mulai produk-produk tabungan digital dari bank-bank konvensional sampai dengan bank-bank yang memang dibentuk secara khusus dengan istilah keren “bank digital”.

Semua produk tabungan super menarik ini dioperasikan hanya lewat gadget. Sekarang pengalaman ber digital banking sudah bukan hal aneh di Indonesia, apalagi yang sedang mengatur keuangan di masa new normal. Buka tabungan online jadi semudah ber-sosmed ria.

Jaman sekarang, dengan perkembangan internet dan penggunaan HP yang luar biasa, tabungan digital menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dicoba. Gampang banget, menabung dan bertransaksi semuanya hanya lewat HP, tidak perlu ke kantor cabang bank lagi.

Buka tabungan online

BANK DIGITAL / ONLINE TERBAIK?

Tidak semua bank memberikan layanan tabungan digital, dan tidak semua bank dengan layanan digital memiliki produk digital yang sempurna. Semua kembali lagi kepada kebutuhan kita masing-masing.

Contohnya bisa dilihat dari daftar bank digital terbaik menurut Forbes, yang terakhir diupdate per bulan Mei 2021.

Bank digital terbaik versi Forbes

Semua bank digital di atas dipilih berdasarkan kategorinya masing-masing. Terbaik dalam kelengkapan layanan online banking belum tentu juga yang terbaik dalam bunga tabungan atau experience ber-online banking.

Jadi, belajar dari daftar Forbes itu, jelas TIDAK ADA bank digital ataupun tabungan digital yang TERBAIK untuk semua orang. Definisi TERBAIK akan berbalik lagi ke kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengguna.

Nah, daripada membandingkan semuanya, mendingan perhatikan saja beberapa hal penting dalam memilih bank atau layanan tabungan digital di Indonesia. Simak nih, semoga membantu. Jika sudah ada yang cocok, langsung buka tabungan online pilihan di gadget.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH TABUNGAN DIGITAL

#1 Biaya dan saldo mengendap

Faktor biaya ini adalah pembeda utama antara tabungan digital dan tabungan biasa. Umumnya ini juga menjadi pertimbangan utama buat nasabah dalam memilih produk. Yes, karena “digital”, maka banyak biaya yang bisa dihemat dalam produk ini. Mulai dari biaya admin bulanan, biaya transfer ataupun biaya tarik tunai di ATM.

Tabungan digital biasanya menggratiskan biaya-biaya ini, ada yang gratis tanpa syarat dan ada juga yang berdasarkan beberapa aturan seperti minimum saldo mengendap atau gratis biaya untuk jumlah transaksi tertentu dalam sebulan. Tidak masalah, yang penting gratis dan sesuai dengan kebutuhan.

Sedikit tips, Jika memang dana yang ditabung adalah “dana numpang lewat”, mendingan cari yang tanpa syarat saldo minimum. Tapi untuk dana “jangka panjang”, tidak perlu pusing dengan syarat ini selama benefit yang diperoleh memang sesuai dengan kebutuhan.

#2 Bunga dan keamanan

            Jelas semakin kompetitif semakin bagus. Tabungan digital saat ini menawarkan suku bunga tabungan di atas tabungan biasa, malah sudah bersaing dengan bunga deposito. Saking gampangnya, deposito juga bisa dibuka dengan nominal setoran yang lebih rendah dari deposito biasa. Kombinasi tabungan dan deposito digital ini bisa jadi pilihan bagus untuk membangun dana darurat.

Terkait bunga, cek juga apakah tingkat bunga sudah sesuai dengan ketentuan penjaminan dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Ini penting agar dana tabungan kita selalu aman.

Selain LPS, keamanan sistem juga jadi hal penting berikutknya. Tidak ada salahnya googling-googling dulu tentang produk tabungan online untuk sekedar tau informasi keluhan sistem yang pernah terjadi sebelumnya.

#3 Pilihan produk

            Tujuan menabung cuma “nabung aja”, biar bisa gampang alokasi dana, biar bisa bebas biaya transfer, atau biar bisa menggunakan 1 aplikasi untuk semua kebutuhan keuangan? Tujuan ini jadi penting banget, karena semakin simple fitur dalam layanan tabungan digital maka user experience nya biasanya semakin menarik. Jadi, kalo memang tujuannya adalah agar bisa memperoleh banyak produk keuangan dalam 1 layanan digital, maka tabungan digital yang dipilih juga harus disesuaikan walaupun mungkin implikasinya ada di user experience yang tidak senyaman tabungan digital lain yang lebih sedikit fiturnya.

#4 Jaringan ATM

            Walapun umumnya tabungan digital bisa dengan gampangnya melakukan transfer ke bank lain, tetap saja untuk saat ini terkadang kita butuh mesin ATM untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak. Jangan sampai saat butuh tunai tau-tau baterai HP habis atau tidak ada sinyal. Kan gawat. Jadi untuk saat ini faktor jaringan ATM sebaiknya masih menjadi pertimbangan dalam memilih tabungan digital.

#5 Digital banking experience

            Ini seperti ketika memilih tempat “ngopi”. Tujuannya adalah minum kopi, tapi experience dalam menikmati kopi itu malah bisa menjadi faktor utama dalam memilih kedai kopi. Faktor harga bisa jadi nomor 2. Sama juga dengan memilih tabungan digital, experience dalam ber-banking secara digital sebaiknya dipertimbangkan sebagai faktor penting. Kenapa? Karena faktor ini bisa secara tidak sadar membangun niat kita untuk menabung.

Tapi semudah-mudahnya buka tabungan online, balik lagi seperti kedai kopi tadi, definisi “experience” yang cocok pasti berbeda untuk setiap orang. Jadi, pastikan pilih produk yang paling nyaman untuk kita.

Dukungan customer service juga bagian penting dari faktor experience ini. Semakin bisa dijangkau dari berbagai macam channel dan tanpa batasan waktu tentu semakin baik bagi kita. Ngga lucu kan jika tiba-tiba ada kendala pada tabungan saat weekend dan baru bisa ditangani di hari kerja berikutnya.

Cara buka tabungan online

SIAP UNTUK BUKA TABUNGAN ONLINE?

Kalau penjelasan di atas sudah selesai dibaca, harusnya kalian sudah siap untuk memilih tabungan digital terbaik versi kalian. Jangan sampai memory HP penuh hanya karena meng-install semua produk tabungan digital yang ada.

Eh gimana kalau ternyata menurut kalian tabungan digital yang cocok itu ada lebih dari 1? No problem. Pakai saja beberapa yang kalian rasa bisa saling melengkapi kebutuhan perbankan / keuangan kalian. Yang penting buka dulu tabungan onlinenya.

OCTO MOBILE DARI BANK CIMB NIAGA

Sebagai penutup, saya bahas 1 produk yang menurut saya memiliki semua faktor pertimbangan yang telah dibahas tadi. Namanya OCTO Mobile, mobile banking dari Bank CIMB Niaga yang bisa di-download di Play Store, App Store dan App Gallery.

Ada yang sudah punya? Buat yang belum punya, coba deh simak beberapa fitur menarik di produk mobile banking ini.

KEMUDAHAN BUKA TABUNGAN ONLINE

Sedikit sharing, proses pembukaan rekening di OCTO Mobile terbilang gampang dan cepat. Saya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk melengkapi semua data sampai dengan verifikasi via video. Tidak lama kemudian rekening sudah aktif dan siap digunakan.

Berikut tahapan yang saya jalani untuk pembukaan rekening via OCTO Mobile, cukup siapkan e-KTP, NPWP dan tanda tangan di kertas putih.

Tahapan pembukaan tabungan online OCTO Mobile

Selanjutnya tinggal mengisi data-data mengikuti 5 tahapan dalam aplikasi: info email & nomor HP, upload dokumen, informasi pribadi, informasi pekerjaan dan pembuatan akun OCTO Mobile.

Tahapan pengisian data tabungan online OCTO Mobile

Setelah itu, tinggal tahap akhir verifikasi online dengan petugas customer service. Mereka standby setiap hari jam 08.00 – 20.00. Rekening aktif 15 menit setelah verifikasi selesai dilakukan. Semudah itu, dan kita bisa langsung menggunakan berbagai fitur OCTO Mobile.

FITUR UMUM TABUNGAN ONLINE

OCTO Mobile memiliki banyak fitur yang menarik dan lengkap untuk semua kebutuhan keuangan umum kita, misalnya:

  • Bebas biaya admin untuk 20x transfer antar bank setiap bulan dengan syarat minimum saldo mengendap.
  • Pembayaran tagihan untuk kartu kredit, telepon, pinjaman, biaya sekolah, listrik/air, pajak, sampai dengan tagihan dari Kantor Urusan Agama (jujur saya baru tau ada tagihan rutin terkait KUA, jadi buat kalian yang perlu, bisa bayar dengan gampang dari sini).
  • Top up pulsa telepon, listrik, voucher Google Play dan e-Wallet. e-Wallet di OCTO Mobile ada banyak, ada Gopay, OVO, Doku, Dana, LinkAja, AstraPay, iPaymu, NUCash dan GudangVoucher. Bahkan bisa juga digunakan untuk top up e-Money nya Bank Mandiri.
  • Pembayaran dan terima/kirim uang menggunakan QR. Jadi kalau mau bayar ini itu tinggal Scan QRIS aja di OCTO Mobile karena bisa pilih sumber dananya, mau dari saldo tabungan, kartu kredit, Rekening Ponsel, dan Poin Xtra.
  • Tarik/setor tunai tanpa kartu di ATM.

FITUR INVESTASI DAN ASURANSI

Bagi yang ingin punya tabungan dan investasi dalam 1 aplikasi, OCTO Mobile juga bisa jadi pilihan yang menarik. Kita bisa menemukan beragam investasi seperti:

  • Deposito berjangka (minimum Rp 5 juta)
  • Reksa Dana, mulai dari reksa dana pasar uang, saham, pendapatan tetap, campuran, sampai dengan reksa dana indeks keluaran berbagai manajer investasi papan atas Indonesia. Cukup dengan Rp 100 ribu sudah bisa beli Reksa Dana! Cocok banget untuk pemula
  • Obligasi pemerintah dan SBN Ritel juga dengan mudah bisa ditemukan disini.
  • Bisa juga beli produk asuransi lengkap, seperti asuransi kerugian dari Sompo dan asuransi jiwa dari Sun Life.

Sebelum mulai berinvestasi, ada kuisioner yang harus kita isi untuk mengukur profil risiko kita masing-masing.

HAL MENARIK DARI OCTO MOBILE

Secara produk, aplikasi ini memenuhi semua hal dari pembahasan sebelumnya. Dari sisi keamanan tentu tidak diragukan karena CIMB Niaga adalah salah satu bank besar dan sudah lama beroperasi di Indonesia. Jaringan ATM dan dukungan customer service nya pun tidak diragukan, termasuk kita bisa langsung melakukan chatting via OCTO Mobile.

Saldo minimum masih dalam batasan wajar jika melihat benefit dari bebas biaya adminstrasi yang diperoleh. Bunga yang ditawarkan memang tidak terlalu tinggi, namun bisa dikompensasi dengan banyaknya pilihan produk, termasuk beragam produk investasi yang menarik. Secara user experience, OCTO Mobile termasuk mudah digunakan untuk aplikasi yang menggabungkan begitu banyak fitur dalam 1 tempat.

Hal lain yang menarik dari OCTO Mobile ini adalah login yang sudah menggunakan sidik jari dan face ID di smartphone yang memang mendukung. Belum semua aplikasi tabungan digital dan mobile banking menggunakan fitur ini, padahal sangat memudahkan terutama untuk tipe nasabah yang suka mengganti-ganti password seperti saya. Satu lagi, kita bisa melihat rekening koran atau mutasi dengan lengkap selama 6 bulan terakhir. Langsung bisa di-download dari genggaman.

CATATAN SEBELUM BUKA TABUNGAN ONLINE

Semoga penjelasan ini bisa memberikan gambaran tentang bagaimana cara memilih dan cara buka tabungan digital / tabungan online yang tepat. Selalu ingat, tidak ada produk yang terbaik atau 100% perfect untuk semua orang. Selalu sesuikan pilihan layanan tabungan digital ini dengan kebutuhan dan kenyamanan kita masing-masing.

Selamat menabung.

Leave a Reply