Tips Perencanaan Keuangan untuk mendukung Resolusi 2013

Tips keuangan untuk mendukung resolusi

Resolusi tahun baru

Masih dalam suasana Tahun Baru, saya bahas sedikit mengenai topik yang selalu hangat di akhir dan awal tahun: Resolusi tahun baru!! 🙂

Mayoritas dari kita pasti sudah membuat tujuan-tujuan atau harapan, atau istilah kerennya resolusi, untuk tahun 2013 nanti. Resolusi tersebut pasti berbeda-beda untuk setiap orang, mulai dari yang bersifat umum sampai dengan resolusi yang sangat spesifik.

Resolusi = the truth about you

Secara umum, menurut Rene Suhardono, pastikan bahwa resolusi Anda merupakan suatu target yang benar-benar menggambarkan “the truth about you” sehingga fokus untuk mencapainya bisa terus terjaga dan tidak menjadi hanya sekedar pemanis untuk tahun baru. Selain itu, pastikan resolusi Anda cukup spesifik, terukur dan bisa tercapai.

Bedakan resolusi dan kewajiban

Hal penting lainnya, bedakan antara resolusi dan kewajiban. Sering kita temui kalimat “membahagiakan keluarga” dalam daftar resolusi tahun baru. Perlu diingat, “membahagiakan keluarga” adalah kewajiban, bukan resolusi. Resolusi lebih tepat jika berbentuk “cara dalam membahagiakan keluarga”.

Jika berbicara mengenai aspek khusus membahagiakan keluarga, maka secara tidak disadari aspek perencanaan keuangan memegang peranan penting dalam hal ini. Apakah membahagiakan keluarga Anda berbentuk membeli rumah tinggal? Atau mungkin membeli mobil baru, liburan bersama keluarga dan menyekolahkan anak di sekolah terbaik? Jika iya, semua resolusi tersebut jelas membutuhkan perencanaan keuangan yang baik.

Top 10 resolusi tahun 2013

Mari kita lihat top 10 resolusi tahun 2013 menurut Journal of Clinical Psychology yang dirilis oleh Time Magazine:

  1. Menurunkan berat badan
  2. Menjadi lebih terorganisir
  3. Mengurangi belanja dan menambah tabungan
  4. Menikmati hidup
  5. Menjaga kesehatan
  6. Belajar hal-hal baru
  7. Berhenti merokok
  8. Menolong sesama
  9. Jatuh cinta
  10. Menghabisakan lebih banyak waktu bersama keluarga

Resolusi dan perencanaan keuangan

Dari daftar di atas bisa dilihat bahwa hampir semua topik resolusi 2013 membutuhkan perencanaan keuangan yang baik untuk bisa mewujudkan tujuan resolusi tersebut.

Jika Anda memiliki resolusi yang sama, dan menyadari bahwa perencanaan keuangan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari resolusi tersebut, berikut adalah beberapa hal dasar dalam perencanaan keuangan yang bisa dilakukan untuk mendukung niat Anda mewujudkan tujuan di tahun mendatang:

  1. Buat spending plan. Semua orang pasti mengetahui dengan pasti detail pendapatan rutin setiap bulan, namun tidak semua orang mengetahui dengan pasti detail pengeluaran bulanannya. Spending plan akan membantu Anda memetakan kondisi keuangan Anda sehingga pengeluaran bisa terkontrol dengan lebih baik, dan yang terpenting, Anda dapat melakukan penghematan di pos-pos tertentu untuk dialokasikan dalam mendukung terwujudnya resolusi di 2013.
  2. Buat saving and investment plan. Pastikan Anda mengetahui berapa tabungan dan investasi rutin yang harus disisihkan untuk membiayai semua tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, yang umumnya meliputi dana pensiun, dana pendidikan anak, pembayaran hutang, dan pembiayaan rencana keuangan lainnya yang tentunya meliputi resolusi yang telah Anda buat.
  3. Bentuk dana darurat. Pastikan jumlah dana darurat mencukupi sesuai dengan kondisi keluarga kitadalam usaha mewujudkan resolusi nanti. Pastikan dana ini telah disimpan dalam instrument jangka pendek yang sesuai.
  4. Buat jadwal review secara rutin untuk memastikan bahwa resolusi Anda masih berjalan sesuai rencana atau membutuhkan beberapa penyesuaian.

Demikian beberapa tips singkat untuk membantu anda mewujudkan resolusi di tahun 2013 nanti. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, pastikan proses resolusi dan tahapan-tahapan diatas didiskusikan dengan baik bersama pasangan Anda dan anggota keluarga yang lain.

Selamat Tahun Baru 2013.

(Artikel ini telah dimuat di www.zapfinance.co.id)

Image: www.money.usnews.com

6 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: