3 Bank Penjual Reksadana Pilihan di Indonesia

Sampai saat ini saya masih sering mendapatkan pertanyaan mengenai: bagaimana cara beli reksadana? Bagaimana cara beli reksadana di bank? Bank apa yang menjual reksadana? Atau apa bank penjual reksadana terbaik? So, kita bahas lagi deh, hehehe…

Tulisan ini sebenarnya adalah versi update dari tulisan saya terdahulu tentang perbandingan beli reksadana di bank Mandiri vs Bank Commonwealth. Ini postingan sejak bulan Juli 2011 lalu, sudah lebih dari 5 tahun, jadi memang lebih baik jika saya update dengan perkembangan terbaru tentang pembelian reksadana melalui bank.

[UPDATE: Jangan menganggap remeh faktor biaya-biaya investasi di reksadana. Apa saja biayanya dan berapa besar pengaruhnya? Simak di Cermat menghitung biaya investasi reksadana)

Bank penjual reksadana di Indonesia

Kali ini saya akan bahas mengenai beberapa bank penjual reksadana. Kenapa hanya beberapa? Karena hampir semua bank saat ini sudah memasukkan reksadana sebagai salah satu produk yang dijual via divisi wealth management. Karena itu saya cuma memilih beberapa bank penjual reksadana pilihan berdasarkan beberapa hal.

Kategori pemilihan bank penjual reksadana

#1 Produk yang dijual

Saya memilih beberapa bank yang menjual cukup banyak produk reksadana dari lebih dari 5 Manajer Investasi penerbit reksadana. Selain itu juga saya memilih bank yang menjual semua jenis reksadana umum, yaitu reksadana pasar uang (RDPU), reksadana pendapatan tetap (RDPT), reksadana campuran (RDC) dan reksadana saham (RDS).

#2 Nilai investasi

Bank penjual reksadana pilihan saya adalah bank yang menjual reksadana dengan nominal terjangkau, baik saat pembelian awal maupun saat melakukan pembelian berikutnya atau topup. Nominal terjangkau yang saya maksud adalah dibawah Rp 1 juta.

[UPDATE: Produk Reksadana Terbaik 2016]

Bank penjual reksadana pilihan saya

Dari 2 kategori di atas, pilihan bank yang saya bahas adalah: Bank Mandiri (Mandiri), Bank Commonwealth dan Bank Central Asia (BCA).

#1 Reksadana di Bank Mandiri

Produk reksadana yang dijual di Bank Mandiri

Saat ini cukup banyak produk reksadana yang bisa dibeli di Mandiri. Produk yang dijual bisa dicek di daftar reksadana Bank Mandiri, namun sayangnya masih belum terlalu update.

cara beli reksadana mandiri

Sumber: cdn.sindonews.net

Berdasarkan data yang saya peroleh dari salah satu cabang Mandiri, berikut ringkasan produk reksadana yang dijual di Mandiri:

  • Produk reksadana dari 9 Manajer Investasi, antara lain: Mandiri AM, Manulife AM, Danareksa, Batavia, Bahana, Schroder, BNP Paribas, Kresna dan Ashmore.
  • Total ada 56 produk reksadana yang terdiri dari:
    • 7 produk RDPU (1 diantaranya RDPU $US)
    • 13 produk RDPT (2 RDPT $US)
    • 12 produk RDC
    • 23 produk RDS
    • 1 produk RD Indeks.

Persyaratan nominal untuk pembelian awal dan topup serta biaya

Reksadana perdana bisa dibeli di Mandiri dengan nominal sangat rendah, yaitu berkisar antara Rp 100ribu s/d Rp 1juta. Demikian juga dengan nominal saat melakukan topup. Kecuali untuk reksadana dalam $US, pembelian minimalnya adalah $100.

Untuk biaya pembelian dan penjualan reksadana, bergantung pada manajer investasi masing-masing produk. Kisarannya antara 0% s/d 2% setiap kali beli atau jual.

Mandiri juga menyediakan fasilitas autoinvest dengan minimum nominal per topup adalah Rp 100ribu (untuk sebagian besar produk).

Untuk melakukan switching produk pun memungkinkan untuk beberapa produk, dengan biaya sekitar 1%-1.5%.

Cara pembelian reksadana di Bank Mandiri

Masih seperti pembahasan saya di tulisan 5 tahun lalu, pembelian reksadana di Mandiri harus dilakukan di cabang melalui customer service yang memiliki ijin menjual produk reksadana.

Setelah melakukan pembukaan account reksadana dan memutuskan produk reksadana apa yang dibeli, transaksi pembelian kemudian dilakukan di teller. Setelah itu barulah bukti transfer diserahkan kembali ke CSO untuk menyelesaikan proses pembelian.

Cara penjualan reksadana di Bank Mandiri

Sama dengan proses pembelian, nasabah harus melakukan penjualan melalui customer service di cabang Mandiri.

Online channel

Sampai saat ini proses pembelian dan penjualan reksadana di Mandiri masih harus melalui cabang, belum bisa menggunakan online channel apapun.

[UPDATE: Beli reksadana sudah sangat mudah, bahkan bisa dilakukan via online. Simak detail pembelian reksadana online non-bank di 3 Penjual Reksadana Online Terbaik]

#2 Reksadana di Bank Commonwealth

Produk reksadana yang dijual di Commonwealth

Saat ini produk reksadana yang dijual Commonwealth bisa dilihat di daftar reksadana online Commonwealth.

cara beli reksadana di commonwealth

Sumber: www.smh.co.au

Ringkasan produk reksadana yang dijual Bank Commonwealth adalah sebagai berikut:

  • Produk reksadana dari 10 Manajer Investasi, antara lain: Ashmore, Batavia, BNP Paribas, CIMB-Principal, Danareksa, Eastspring, First State, Mandiri AM, Manulife AM dan Schroder.
  • Total ada 66 produk reksadana yang terdiri dari:
    • 6 produk RDPU
    • 14 produk RDPT (6 RDPT $US)
    • 14 produk RDC
    • 31 produk RDS (2 RDS $US)
    • 1 produk RD Indeks.

Persyaratan nominal untuk pembelian awal dan topup serta biaya

Sedikit berbeda dengan di Mandiri, pembelian reksadana di Commonwealth pun bisa dilakukan dengan nominal murah, namun dimulai dari Rp 500ribu s/d Rp 1 juta (tergantung produk). Hal ini juga berlaku untuk pembelian selanjutnya (topup).

Untuk produk dalam $US, kisaran nominal pembelian dan topup diantara $US100 s/d $US 15.000 (tergantung produk). Nominal topup akan menjadi lebih murah, dimulai dari Rp 100ribu, jika menggunakan fasilitas autoinvest.

Untuk biaya pembelian dan penjualan reksadana, bergantung pada manajer investasi masing-masing produk. Kisarannya antara 0% s/d 2% setiap kali beli ataupun jual.

Cara pembelian reksadana di Commonwealth

Untuk pembelian reksadana pertama kali, semua nasabah harus datang ke customer service (yang berijin) untuk melakukan pembukaan account reksadana. Prosesnya sama dengan di bank lain, transaksi kemudian diselesaikan di teller.

Namun pembelian lanjutan, ataupun pembelian produk reksadana lain, cukup dilakukan secara online (via internet banking ataupun mobile banking). Sebelumnya memang untuk pembelian produk reksadana baru, nasabah tetap harus datang ke cabang untuk pembelian pertama. Namun aturan ini dihapus beberapa waktu lalu.

Cara penjualan reksadana di Commonwealth

Dengan dukungan sistem internet banking yang bagus, semua penjualan reksadana dan switching produk saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang.

Online channel

Untuk saat ini pemantauan portfolio dan pembelian reksadana di Commonwealth bisa dilakukan via internet banking maupun aplikasi mobile banking. Namun untuk penjualan baru bisa menggunakan internet banking.

#3 Reksadana di BCA

Pendatang baru di dunia bank penjual reksadana

Nah ini sebenarnya pendatang baru di dunia reksadana ritel, hehehe. Sebenarnya BCA sudah sejak lama menjual reksadana, namun terbatas pada beberapa produk saja dan hanya dijual untuk nasabah Prioritas. Namun saat ini sudah dijual juga untuk nasabah umum.

bank penjual reksadana

Sumber: bca.co.id

Tapi jangan kecewa jika penjualan reksadana di BCA saat ini belum bisa dilayani di semua cabang, karena belum semua cabang memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk penjualan produk ini, terkait pada ijin penjualan yang harus dimiliki oleh customer service.

Namun saya cukup senang karena bank yang menjadi main bank saya akhirnya menjual reksadana juga secara ritel pada nasabah umum, hehehe…

Produk reksadana yang dijual di BCA

Produk reksadana yang dijual BCA sebenarnya sudah lumayan banyak, bisa disimak di daftar reksadana BCA ini.

Ringkasannya produk reksadana yang dijual BCA adalah sebagai berikut:

  • Produk reksadana dari 8 Manajer Investasi, antara lain: Asmore, Batavia, BNP Paribas, Danareksa, First State, Nikko, Panin AM dan Schroder.
  • Total baru ada 26 produk reksadana yang terdiri dari:
    • 3 produk RDPU
    • 7 produk RDPT (2 RDPT $US)
    • 3 produk RDC
    • 13 produk RDS

Persyaratan nominal untuk pembelian awal dan topup serta biaya

Untuk pembelian awal, BCA memiliki kebijakan yang mirip dengan Mandiri dimana pembelian awal dan topup bisa dilakukan mulai dari Rp 100ribu s/d Rp 1juta. Kecuali untuk RD dalam $US yang pembelian awal membutuhkan $US 5.000.

Untuk biaya pembelian dan penjualan reksadana, bergantung pada manajer investasi masing-masing produk. Kisarannya antara 0% s/d 2% setiap kali beli ataupun jual.

Cara pembelian reksadana di BCA

Sama seperti cara pembelian reksadana di Mandiri, nasabah harus datang ke cabang yang memiliki customer service yang memiliki ijin untuk menjual reksadana. Kemudian setelah melakukan pembukaan account reksadana, maka transaksi dijalankan melalui teller.

Cara penjualan reksadana di BCA

Penjualan reksadana di BCA hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang.

Online channel

Sama seperti Mandiri, transaksi reksadana di BCA untuk saat ini belum bisa dilakukan melalui online channel.

Bank penjual reksadana terbaik

So, dari paparan ketiga bank diatas, mana bank yang saya rekomendasikan sebagai bank untuk pembelian reksadana terbaik? Ketiga-tiganya bagus sih #cari aman#, hehehe. Iya lho bener, tergantung kan masing-masing kita punya rekening di mana. Kalau punya BCA, ya beli aja di BCA. Ngga usah repot. Dengan catatan produk yang diincar dijual disitu ya.

Cuma untuk saya pribadi, sampai saat ini saya memilih Bank Commonwealth sebagai bank penjual reksadana terbaik. Dari paparan diatas sudah jelas lah ya. Berikut ringkasannya:

1. Jumlah produk yang dijual

Commonwealth sampai saat ini menjual lebih banyak pilihan reksadaan dibanding bank-bank lain. Nasabah memiliki keleluasaan dalam memilih produk yang sesuai dan berperforma bagus.

2. Kemudahan transaksi

Saya hanya perlu datang ke cabang Commonwealth saat pembukaan account awal saja. Selanjutnya cukup menggunakan i-banking dan m-banking. Mau jual, beli atau switching produk, semua bisa dijalankan secara online. Gampang dan efisien. Anda bisa membeli reksadana dari lokasi manapun selama ada koneksi internet yang memadai.

3. Penguasaan produk petugas customer service

Selain itu kebanyakan customer service di Commenwealth sudah sangat fasih dengan produk reksadana. Bahkan yang tidak berijin sebagai penjual reksadana pun bisa menerangkan reksadana dengan baik.

Saya pernah soalnya berhadapan dengan seorang customer service Commonwelath untuk urusan rekening, dan akhirnya saya iseng menanyakan tentang reksadana. Dengan sopan dia menginformasikan bahwa dia tidak cukup kompeten untuk menjawab karena belum memiliki ijin, dan kemudian berusaha menjawab sambil menunggu antrian di customer service yang berijin kosong. Dan saya puas dengan jawabannya, hehehe.

Hal yang masih belum saya temukan di Mandiri atau BCA, karena kebanyakan customer service masih belum berijin sebagai penjual reksadana ataupun masih belum familiar dengan produk tersebut.

[BACA JUGA: Tips perencanaan keuangan untuk mencapai hasil yang lebih optimal]

Penutup

Demikian sedikit ulasan pengenai perbandingan pembelian reksadana di bank Mandiri, Commonweath dan BCA. Pilihan saya untuk bank penjual reksadana terbaik memang jatuh pada Commonwealth, tapi bukan berarti yang lain jelek lho.

Semoga Mandiri dan BCA bisa terus berbenah dan menghadirkan channel penjualan reksadana yang lebih mudah bagi para nasabahnya. Sehingga nantinya kita sebagai nasabah bisa memiliki semakin banyak bank penjual reksadana di Indonesia yang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Demikian sharing saya mengenai bank pilihan untuk membeli reksadana dan juga cara beli reksadana di bank di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Image: http://www.karvyvalue.com/

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: