Berwisata Ke Dunia Reksadana oleh Eko P. Pratomo

Buku Berwisata ke Dunia Reksadana

Walaupun banyak sekali referensi mengenai reksadana yang tersedia, namun masih banyak dari antara kita yang tetap mengalami kesulitan untuk memahami secara mendalam mengenai produk ini.

Bisa dipahami karena kebanyakan referensi yang tersedia lebih membahasa mengenai jenis-jenis reksadana yang ada serta risiko-risiko yang terkadung di dalamnya. Namun melalui buku Berwisata ke dunia Reksadana ini, anda bisa mengetahui semua hal tentang reksadana.

Penjelasan lengkap tentang reksadana

Mulai dari penjelasan mengenai investasi, definisi reksadana, cara kerja reksadana, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, cara penghitungan Nilai Aktiva Bersih, cara membaca prospektus, bagaimana reksadana dikelola, sampai kepada bagaimana memahami laporan reksadana serta cara memanfaatkan dan mengelola reksadana.

Semua lengkap disajikan dengan bahasa yang ringan dari Pak Eko P. Pratomo. Maklum, beliau adalah dedengkot dunia investasi (khususnya reksadana) di Indonesia, pernah menjabat sebagai Presdir PT Fortis Investments (sekarang PT BNP Paribas Investment Partners) dan saat ini menjabat sebagai  Presiden Emeritus / Senior Advisor PT BNP Paribas Investment Partners.

Cara penuturan yang unik

Yang unik dari buku ini sebenarnya terletak pada cara penuturannya. Tahapan penjelasan mengenai dunia reksadana ini dibuat dalam bentuk perjalanan wisata, yang dibimbing oleh seorang pemandu wisata. Berbagai topik reksadana diibaratkan sebagai kota yang harus dilewati secara berurutan.

Selain itu, setiap halaman dibuat dalam tampilan landscape, dimana 1 halaman berisi ilustrasi gambar berwarna dan 1 halaman lagi berisi keterangan. Setiap sub topic hanya terdiri dari 1 gambar dan 1 halaman penjelasan.

Hasilnya: semua penuturan menjadi singkat, padat dan sangat jelas. Sedikit informasi, di sekitar tahun 2004-2006, 2 BAB awal dibuku ini (yang juga tersedia dalam bentuk powerpoint di internet) sering dijadikan referensi bagi perbankan dalam menerangkan mengenai reksadana kepada nasabahnya.

Ini bukti tambahan mengenai betapa informatifnya isi buku ini.

Kekurangan dalam layout

Walaupun secara keseluruhan buku ini sangat menarik dan informatif, tapi mungkin kekurangan buku ini terletak pada tampilan berbentuk landscape yang sedikit menyulitkan pembaca untuk memegang buku tersebut.

Tidak material juga, dan yang terpenting adalah saya berhasil memperoleh tanda tangan Pak Eko Pratomo di buku saya. Hehehe….

2 Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: