Kelas Financial Planning di Total E&P

Total E&P Indonesie

Kelas Financial Planning di Total E&P Balikpapan

Tanggal 7 Juli 2012 lalu saya mendapat kehormatan diundang sebagai pembicara dalam acara kelas financial planning di Total E&P Indonesie di Balikpapan, yang diselenggarakan oleh Bidkarti (Bidang Karyawati), salah satu organisasi karyawan di perusahaan tersebut.

Awalnya saya pikir acara ini hanya akan diikuti oleh karyawati saja, makanya istri saya ajak juga untuk mencegah prasangka curiga dalam keluarga #halaah. Emang sekalian mau pacaran tanpa bawa anak sih ceritanya, hehehe… #uhuuyy.

Sekilas mengenai kelas di Balikpapan

Peserta dan background

Acara ini berlangsung dari pagi sampai sore, dan diikuti oleh lebih dari 30 orang karyawan yang berasal dari berbagai bidang, yang semuanya masih berusia muda.

Semuanya datang dengan niat untuk lebih memahami tentang financial planning, walaupun sebenarnya banyak diantara mereka yang sudah memiliki dasar memadai dalam mengelola keuangan pribadi dan keluarga. Malah bagus untuk saya karena lagi-lagi saya pun bisa belajar dari sharing orang lain.

Materi yang disampaikan

Di acara kali ini saya menyampaikan materi financial planning secara umum, yaitu mengenai urutan dalam menyusun perencanaan keuangan.

Materi ini meliputi pentingnya memiliki perencanaan keuangan, cara penyusunan budget, dana darurat, sampai dengan pengelolaan investasi untuk berbagai tujuan seperti dana pendidikan anak, dana pensiun dan juga dana liburan.

Disini juga dilakukan simulasi penyusunan budget bulanan dan cara menghitung investasi untuk beberapa tujuan oleh masing-masing peserta. Ini sebenarnya permintaan tambahan dari panitia sih, tapi ternyata jadi lebih efektif karena masing-masing peserta bisa langsung mempraktekan materi yang saya jelaskan melalui laptop masing-masing.

Terima kasih Total E&P

Overall, ini suatu kesempatan yang menyenangkan dan membanggakan untuk saya pribadi. Terima kasih untuk pihak Bidkarti Total E&P Indonesie (khususnya untuk  Ibu Ketua Bidkarti: @mommynathan) atas kesempatan yang diberikan.

Semoga bisa berlanjut di event selanjutnya yah 🙂 Semalam di Balikpapan itu ternyata menyenangkan #ngilerkepiting

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: