Apakah Batman & Spiderman butuh asuransi jiwa?

Ini sebuah topik yang menarik dan bikin penasaran juga, hehehe. Coba monggo dijawab, menurut anda butuh ngga? Yakin? Ah yang beneeerr… Hehehe.

Artikel ini saya ambil dari tulisan Arthur Pinkasovitch dimana beliau membahas hasil survey yang dilakukan oleh The Life and Health Insurance Foundation for Education. Intinya yang ingin mereka ketahui adalah seberapa sadarkah masyarakat akan masalah siapa saja kah yang sebenarnya butuh produk asuransi jiwa. Survey dilakukan terhadap 1.000 orang dewasa yang disuruh memilih mana tokoh yang menurut mereka paling membutuhkan perlindungan asuransi jiwa. Tokohnya antara lain: Batman, Spiderman, Harry Potter, Fred Flintstone dan Marge Simpson. Hasilnya?

Betul sekali, pilihan terbanyak jatuh kepada Batman dan Spiderman, diikuti oleh Fred Flintstone, Harry Potter dan terakhir Marge Simpson. Sekilas sih masuk akal banget, secara Batman dan Spiderman hampir selalu mempertaruhkan nyawa karena bahaya udah jadi part dalam kerjaan mereka. Tapi sebenarnya itu bener ngga tuh? Mari kita bahas.

Untuk Batman, apakah dia butuh asuransi jiwa? Jelas banget dia ngga butuh sama sekali. Kenapa? Karena Bruce Wayne diceritakan sebagai seorang konglomerat kaya raya yang tidak memiliki masalah sama sekali dengan uang. Semua peralatan canggih bisa dibiayain dengan duit sendiri, Jika Bruce memiliki keluarga pun, anak istri dan keturunannya ngga akan terganggu secara finansial jika suatu ketika Batman tewas terbunuh. Tambahan lagi, Bruce ngga punya istri, anak atau pun keluarga dekat yang bisa terganggu secara finasial kalo Batman meninggal. Jadi? Yup, ngga ada keharusan bagi Batman untuk memilki asuransi jiwa.

Trus gimana dengan Spiderman? Sama aja, dia juga ngga butuh asuransi jiwa. Memang sih Peter Parker ngga kaya seperti Bruce Wayne, tapi dia adalah seorang single yang hidup bersama bibinya dan ngga punya tanggungan apapun. Bibinya pun sepertinya ngga akan terganggu secara finansial jika Spiderman akhirnya tewas. Mungkin yang dibutuhkan disini hanyalah tabungan ataupun investasi untuk masa depan, at least untuk membiayai ongkos pemakaman agar ngga ngeberatin bibinya nanti. Lagian kalo dipikir-pikir, kalo sampe Batman dan Spiderman dateng ke kantor asuransi untuk buka polis, bakalan disuruh bayar premi berapa tuh? ;p

Kalo Harry Potter? Ini malah lebih ngga perlu lagi. Masih muda, single, ngga punya keluarga (yang sayang ama dia tentunya), punya harta peninggalan ortu, dan sama sekali ngga punya tanggungan. Buat apa punya asuransi? Mendingan uangnya dibeliin reksadana, hihihi…

Trus, Fred Flinstone dan Marge Simpson? Nah, ini baru bener-bener butuh yang namanya asuransi jiwa. Fred adalah seorang kepala keluarga dengan 2 tanggungan, yaitu si Wilma sang istri dan seorang baby, Pebbles. Kalo sampe terjadi apa-apa dengan Fred, jelas kondisi keuangan keluarga Flintstones bakal kegoncang, apalagi karena Fred adalah satu-satunya tulang punggung keluarga. Masa depan si Pebbles juga kemungkinan besar akan ikut terancam.

Nah, gimana kalo Marge? Sebagai seorang ibu rumah tangga, sebenarnya Marge ngga punya peran dalam mencari nafkah untuk keluarga, semua udah ditangani oleh Pak Homer. Tapi, ibu rumah tangga dan juga ibu dari 3 orang anak kecil, Marge sehari-hari menjalankan banyak pekerjaan sekaligus, seperti memasak, menyapu, mencuci, menjaga anak, menyuapi anak, mengantar dan menjemput anak dari skolah, dll.

Sekarang bayangkan kalo si Marge tiba-tiba meninggal, otomatis Homer harus nyari orang lain untuk ngerjain semua kerjaan Marge (ini maksudnya pembantu yah, bukan istri baru). Berapa coba biaya yang harus dikeluarin? Kalo di Indonesia mah minimal harus nyewa 1 pembantu dan 1-2 pengasuh anak nih.

So, itu semua butuh biaya, dan karena itu, Marge Simpson pun harus diikutin dalam perlindungan asuransi jiwa. Ini sejalan juga dengan saran para financial planner dalam suplemen Kompas edisi khusus asuransi 2 minggu lalu, dan sekaligus ngeralat tulisan saya sebelumnya ttg perlu tidaknya seorang ibu rumah tangga memiliki asuransi jiwa. Dan ini tulisan versi update tentang apakah seorang ibu rumah tangga perlu asuransi jiwa atau tidak.

Mudah-mudahan uraian di atas bisa lebih membantu lagi dalam proses pencarian asuransi, at least untuk memutuskan kebutuhan asuransi kita dan ngga gampang termakan rayuan agen-agen asuransi.

Selamat berasuransi…

 

Image: www.redcrosseastma.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: